Kenapa Speaker aktif sering berdengung ?

Pernahkah kalian menghandiri suatu acara namun audio pada lokasi acara itu mengganggu  ? Tentu saja sebagai tamu kita merasa terganggu kan ?. Nah  suara dengungan  biasanya lebih disebabkab oleh speaker ajtif ketimbang  amplifiernya.

Masalah dengungan ini sering diakibatkan sering dinamakan grounding .  Namun kalian tidak perlu khawatir  masalah dengungan pada speaker , namun kita terlebih dahulu harus mengetahui secara rinci dimana  sumber awal dengungan itu pertama kali muncul.

Kenapa speaker aktif berdengung ?

Nah, sebelum kita mengetahui cara menghilangkan suara dengungan speaker maka kita baiknya harus terlebih dahulu  mengetahui kenapa sih  speaker aktif sering berdengung ? Sebenarnya  speaker berdengung  kadang disebabkan oleh masalah kecil atau ecek ecek , namun masalah kecil ini yang membuat speaker sering berdengung dan tentu saja ini menggangu telinga.

Berikut adalah beberapa alasan dan penyebab kenapa speaker aktif sering berdengung :

Tone Kontrol

Sama sama kita ketahui bahwa tone kontrol adalah sumber pengolahan audio  pada speaker aktif . Bagian speaker ini  mengontrol treable dan bas . Nah Bas ini yang sering  mengalami gangguan dan menyebabkan suara bising.  Tone kontrol ini  juga menjadi bagian jika kalian ingin menambah bass pada speaker.

Related Articles

Jika pada speaker kalian belum mengroundkan body potensio maka silakan gabungkan terlebih dahulu sebelum mengecek  bagian speaker yang lain.

Kabel Input

Kabel input input meskipun bagiannya kecil dan menjadi penyambung ke ampligier sangatlah memegang peranan vital dalam menjaga kualitas  suara speaker agar tetap bagus dan nyaring. Namun jika kabel input ini mengalamai kendala maka tentu saja akan menyebbkan suara berdengung pada speaker.

Kabel  input ini bertugas  mengantarkan signal dari sumber input. Pastikan kabel input ini tidak mengalami kerusakan  atau sobek . Nah  silakan kalian menyentuh plastik atau isolasi , jika berdengung itu bisa dipastikan bahwa  kabel input itu tidak disarankan untuk dipake. Ini akan mengakibatkan gannguan frekuensi liar dan tentu saja akan menggangu pengantaran signal dari sumber suara.

Power Suplay

Nah jika dua hal diatas kalian sudah cek dan normal maka silakan cek power suplai. 60% permasalahan suara berdengung itu disebabkan karena power suplay. Terutama power suplay yang  masih menggunakan teknologi lawas atau belum menggunakan rangkaian SMPS.

Trafo ini berfungsi  mengubah arus AC ke DC.  Power suplay  kadang tidak mampu  menanggung beban yang berlebih.

Blog Amplifier

Hal terakhir  adalah kalian mesti mengecek blog amplifier . Pastikan arus yang yang mengalir adalah  arus IC . Jika kalian  mengetes nya dan menemukan arus DC silakan ubah ke arus IC.

 

Sekian dulu artikel mengenai  kenapa artikel kenapa Speaker aktif sering berdengung ? semoga informasi ini dapat membantu kalian  menemukan penyebab bunyi bising pada speaker aktif.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button