Klaster PON Muncul, 65 Atlet-Ofisial Terpapar Corona

Baaca.id, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, menyebutkan ada 65 orang di arena PON Papua yang terpapar Corona. Sebagian besar dari mereka adalah atlet.

“Berdasarkan data per 10 Oktober 2021, ada 65 orang terkonfirmasi positif Covid-19,” terang Airlangga dalam konferensi pers, Senin (11/10/2021).

Ia memaparkan, dari 65 orang yang teridentifikasi, mayoritas adalah atlet. Sebagian lagi tim ofisial, pelatih, wasit, hingga wartawan.

Menurut Airlangga ada sekitar 72 persen yang terpapar adalah atlet. Lalu ofisialnya 23 persen, coach 1,5 persen, wasit 1,5 persen.

“Ada juga wartawan. Karena dia ikut meliput,” jelasnya.

Berdasarkan cabang olahraga, judo dan sepatu roda adalah cabor yang paling banyak atletnya terpapar. Kemudian, diikuti oleh cabang olahraga motorcross, panahan, serta kriket.

Disebutkan Airlangga, penyebaran terjadi di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke.

Terkait hal ini, pemerintah pun mendorong mekanisme kepulangan atlet dengan memberlakukan prosedur karantina setidaknya 5 hari setelah tiba di kota asal masing-masing.

“Tentunya sebelum kembali dilakukan PCR dan apabila dikenakan positif maka akan di-treatment di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke selama 5 hari,” ujar dia.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button