Menikmati Keindahan Pulau Kodingareng Keke

Baaca.id — Destinasi wisata alam yang indah banyak dijumpai daerah Makassar salah satunya Pulau Kodingareng Keke. Ketika berkunjung ke pulau ini Anda menjumpai berbagai macam spot wisata yang indah mulai dari hamparan pasir hingga menikmati matahari terbenam.

Olahraga Air

Olahraga air menjadi cara lain menikmati keindahan Pulau Kodingareng. Ombak laut yang cukup tenang dengan kedalaman hingga 2-3 meter cocok bagi Anda dan keluarga bermain olahraga air.

Selain olahraga air, Anda juga bisa melakukan kegiatan renang di sekitar pantai yang airnya jernih. Kemudian tidak terlalu besar ombaknya dan tenang airnya aman untuk Anda berenang

Bermain di Hamparan Pasir Putih yang Landai

Hamparan pasir yang landai di pesisir pantai di Pulau Kodingareng Keke menjadi tempat asyik untuk bermain pasir.

Atau bisa sebagai lokasi istirahat sejenak setelah lelah bermain. Sembari berfoto ria dengan latar belakang hamparan pasir putih atau pantainya yang indah.

Melihat dari Dekat Aktivitas Penduduk di Kampung Nelayan Pulau Kodingareng

Kawasan Pulau Kodingareng terdapat pemukiman penduduk. Sebagian besar masyarakat di pulau ini bekerja sebagai nelayan.

Anda bisa dari dekat kebiasaan dan kehidupan nelayan saat beraktivitas mencari ikan. Atau ketika kegiatan jual- beli hasil tangkapan ikan di pasar ikan yang di pulau.

Kegiatan traveling lain yang mengasyikkan, yaitu: melihat aktivitas para nelayan membawa tangkapan ikan dan saat memperbaiki jaringan. Kegiatan seperti ini yang kemudian menjadi kearifan budaya lokal masyarakat Pulau Kodingareng Keke.

Menikmati Matahari Terbenam dari Pasir Putih Gusung

Di selatan Kodingareng Keke menjumpai hamparan pasir putih yang terkenal dengan sebutan Gusung. Lahan Gusung cukup luas biasa dimanfaatkan untuk bersantai menikmati keindahan matahari terbenam di senja hari.

Setelah lelah mengelilingi kawasan Pulau Kodingareng Keke. Saatnya beristirahat sejenak di homestay dengan menginap di rumah penduduk atau dapat juga mendirikan tenda agar bisa menyatu dengan alam.

Baca Juga:

Melihat Keindahan Alam dari Atas Gedung Tiga Lantai

Di sekitar Pulau Kodingareng menjumpai sebuah bangunan berlantai tiga yang biasa digunakan untuk menara pandang. Bangunan ini merupakan villa untuk penginapan.

Lokasi bangunan villa yang strategis di manfaatkan oleh wisatawan sebagai tempat menikmati dan menyaksikan keindahan alam sekitar Pulau Kodingareng Keke dari ketinggian.

Tanaman Pinus yang Rindang dan Asri di Pulau Kodingareng Keke

Ketika mengunjungi Pulau Kodingareng Keke menjumpai deretan rimbunan pepohonan pinus yang letaknya disekeliling pulau tersebut.

Pemandangan dan panorama alam yang tersaji indah memberikan kesan asri kawasan Pulau Kodingareng Keke. Awal keberadaan hutan pinus bermula program penanaman hutan oleh  pemerintah kolonial Belanda beberapa tahun lalu.

Entah karena alasan kemudian hutan pinus tersebut  dibiarkan begitu saja hingga rimbun. Kini, keberadaan hutan pinus di Pulau Kodingareng memberikan nuansa baru.

Tidak jarang rimbunan pepohonan pinus itu menjadi spot wisata menarik bagi wisatawan yang singgah di pulau ini. Berfoto  dengan latar belakang rimbunan pepohonan pinus menjadi cara menikmati keindahan Pulau Kodingareng.

Berburu Kuliner Abon Ikan dan Sambal Ikan Cao

Saat mampir ke Pulau Kodingareng Keke tidak ada salahnya mencicipi makanan khas olahan abon ikan dan sambal ikan Cao. Sambal ikan Cao merupakan kuliner khas Kodingareng Keke berbahan dasar ikan.

Ikan mentah atau udang difermentasi dengan nasi yang dicampur cuka dan garam. Bahan-bahan tersebut selanjutnya ditaruh dalam sebuah botol kaca ataupun plastik kemudian kemasan makanan itu dijual atau jadi buah tangan.

Rute Menuju ke Pulau Kodingareng Keke

Cara menikmati keindahan Pulau Kodingareng Keke mengunjungi pulau tersebut dengan menaiki dan menyewa perahu. Perahu yang terbuat dari kayu yang dikenal dengan nama Jolloro.

Anda pergi  ke dermaga yang letaknya di depan Benteng Rotterdam, tepatnya sekitar pantai Losari dan kawasan Pecinan Somba Opu.

Sebelum melakukan perjalanan ke pulau ini, ada baiknya lakukan tawar menawar dan menanyakan fasilitas perahu yang akan disewa.

Dengan cara tersebut tentu dapat harga yang pas sesuai fasilitas. Kemudian penting pula menyewa perahu selama seharian dengan mengunjungi beberapa pulau lain sekitarnya.

Sewa perahu selama seharian penuh bersama rombongan akan mendapatkan harga yang murah. Itulah ulasan dan informasi singkat tentang menikmati keindahan Pulau Kodingareng Keke.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button