Komponen Mesin Motor 4-Tak

Baaca.id Kita tahu bahwa ada mesin yang dapat menjalankan motor. Mesin juga dapat bekerja dengan kombinasi komponen yang saling berhubungan. Seperti beberapa diskusi komponen lain yang kami diskusikan. Dalam sebuah mesin sepeda motor tentunya terdapat banyak komponen.

Kepala silinder adalah salah satu dari banyak komponen. Ini adalah bagian yang bisa sangat penting untuk menghidupkan dan menjalankan mesin hidup di motor. Dalam kategori ini banyak pekerjaan yang dilakukan saat mesin sedang berjalan. Salah satunya adalah pembakaran.

Proses pembakaran pada mesin terjadi di ruang bakar di dalam kepala silinder. Oleh karena itu benar bahwa kepala silinder memegang peranan penting dalam kelangsungan kerja suatu motor. Sesuai dengan judul yang kami tulis, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai komponen mesin motor 4-tak.

Apa perbedaan antara sepeda motor 4-tak dan 2-tak? Untuk menjawabnya, simak informasi lengkapnya di bawah ini. Kami akan menjelaskan secara rinci nanti apa yang perlu Anda ketahui tentang ini. Termasuk komponen dan fungsi kepala silinder motor 4-tak.

Komponen Mesin Motor 4-Tak dan Fungsinya

Pada dasarnya komponen mesin motor 4-tak memiliki banyak komponen seperti yang telah kami sebutkan diatas. Meski bagian ini hanya berfungsi sebagai penutup blok mesin utama saja. Tapi masih banyak fungsi lainnya.

Baik itu mesin sepeda motor atau mobil, kepala silinder adalah bagian dari mesin. Dimana posisi kepala silinder pada bagian depan mesin. Biasanya kepala silinder ini dibuat dengan bentuk sayap, yang berguna untuk memberikan proses pendinginan yang lebih baik.

Fungsi Kepala Silinder

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, beberapa komponen kepala silinder sepeda motor 4-tak. Paling tidak mengubah fungsi kepala silinder tidak hanya sebagai penutup mesin. Tetapi juga memiliki banyak fungsi penting lainnya. Apa fungsi kepala silinder pada motor 4-tak?

  • Sebagai ruang bakar (combustion chamber).
  • Sebagai tempat untuk mengoperasikan valve.
  • Sebagai tempat untuk mengatur menghirup dan menghembuskan udara.
  • Sebagai tempat memasang atau memasang busi motor.
  • Sebagai penutup blok silinder.
  • Sebagai jaket air atau logam pendingin logam

Baca Juga:

Komponen Kepala Silinder Sepeda Motor 4-Tak

Dari beberapa fungsi kepala silinder yang kami sebutkan di atas, dapat diperjelas bahwa tentu saja ada banyak komponen dalam kepala silinder. Buat kamu yang penasaran apa saja komponen kepala silinder motor 4-tak, berikut otoflik.com rangkum secara lengkap dan detail beserta fungsinya.

Poros Nok

Komponen pertama adalah knock shaft. Ini adalah komponen kepala silinder yang berfungsi untuk memberi tekanan pada pengangkat katup di bagian tersebut. Di mana tekanan diterapkan agar katup dapat dibuka.

Poros ketukan itu sendiri terbuat dari poros besi, yang memiliki cam pada semua bagian poros dan miring pada sudut tertentu. Di sinilah kemiringan dapat menekan kepala persis saat camshaft mulai berputar.

Katup

Karena merupakan bagian yang tidak kalah pentingnya, salah satu komponen kepala silinder sepeda motor 4 tak ini bisa dikatakan sebagai tempat keluar masuknya udara luar. Pada mesin 4 tak, keberadaan klep sudah pasti dibutuhkan, dan harus berada di bagian samping. Satu sebagai katup buang dan yang lainnya sebagai katup masuk.

Pegas Katup

Komponen selanjutnya adalah pegas katup. Faktor ini kurang penting dibandingkan beberapa komponen yang ada. Hal ini dikarenakan fungsi dari pegas klep sendiri adalah sebagai bantalan untuk menahan klep pada tempatnya.

Selanjutnya pegas klep juga digunakan sebagai alat untuk mengembalikan posisi klep setelah menerima tekanan dari camshaft.

Valve Lifter

Valve lifter adalah komponen kepala silinder sepeda motor 4-tak berbentuk seperti kapal di atas katup. Fungsi dari valve lifter ini adalah untuk melindungi valve shaft dari gesekan camshaft.

Rocker Arm

Lengan ayun memiliki fungsi yang sama dengan pengangkat katup, yaitu penekan batang katup. Perbedaannya mungkin pada bentuknya. Karena rocker hand dibuat seperti stalker. Komponen ini terletak pada kepala silinder dan poros katup.

Busi

Komponen selanjutnya adalah busi. Tentu kita tidak perlu menguraikan lebih jauh bagaimana komponen ini bekerja, karena kita tahu bahwa busi di ruang bakar itu sendiri ringan, yang akan membakar campuran udara dan bahan bakar dari karburator motor ke dalam ruang bakar.

Intake Manifold

Intake manifold adalah elemen berbentuk tabung yang berfungsi sebagai titik masuk udara yang berasal dari sistem induksi udara. Bentuk komponen ini mungkin berbeda di setiap motor.

Exhaust Manifold

Lalu ada yang namanya Exhaust Hose Manifold. Berbeda dengan intake manifold, elemen ini membantu untuk mentransfer sisa gas buang dari ruang bakar ke unit perawatan knalpot.

Cam Sprocket

Elemen kepala silinder mesin 4-tak selanjutnya juga dikenal sebagai sproket cam atau gigi pelindung. Komponen ini memiliki fungsi atau tugas yang merupakan bagian dari pemutar atau penggerak camshaft.

Ruang Bakar

Bagian terakhir di dalam kepala silinder adalah ruang bakar. Bagian atau komponen yang satu ini tentunya merupakan komponen yang paling dibutuhkan karena pada bagian ini akan terjadi pengapian dan akan menjalankan mesin.

Semua komponen kepala silinder sepeda motor 4-tak merupakan komponen penting yang perlu Anda ketahui. Masing-masing komponen di atas memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing tetapi dengan tujuan menjalankan mesin.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button