KPU Bulukumba Tetapkan PDPB, Bertambah 113 Pemilih Baru

Baaca.id, BULUKUMBA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulukumba melaksanakan pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB), Jumat kemarin. Pleno menetapkan sejumlah perubahan penting.

“Ada beberapa perubahan pada DPB Kabupaten Bulukumba. Mulai dari total pemilih hingga daftar yang tidak memenuhi syarat,” jelas Koordinator Devisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Bulukumba, Harum.

Adapun hasil rekap meliputi pemilih baru sebanyak 113. Lalu pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) 49 pemilih, dan perbaikan data pemilih 0.

Secara rinci Harum menyebutkan, hasil rekapitulasi PDPB periode September 2021 berjumlah 321.114 pemilih. Terdiri dari laki-laki 153.574, perempuan 167.540.

Untuk pemilih baru 113 orang, terdiri dari laki-laki: 56, perempuan: 57. Sementara, tidak memenuhi syarat (TMS) 49 pemilih, terdiri dari laki-laki: 28, perempuan: 21. Sedangkan, ubah data 0 pemilih.

Menurut Harum, KPU Bulukumba sebelum rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode September telah melakukan rapat koordinasi bersama stake holder terkait.

“Selain itu, kita juga koordinasi dengan berbagai pihak, diantaranya Kepala Kemenag Bulukumba dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V (Bulukumba, Bantaeng dan Sinjai) terkait peserta didik yang berusia 17 tahun dan sudah melakukan perekaman KTP-el,” urainya.

Ia menyebutkan, KPU juga membuka Posko Layanan Masukan dan Laporan Masyarakat terhadap PDPB 2021 di Kantor KPU Bulukumba. Untuk formulir bisa juga diakses melalui laman Website KPU Bulukumba dan di media sosial KPU Bulukumba.

Harum menuturkan, Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) tahun 2021 ini berdasarkan pasal 20 huruf (L) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“KPU Kabupaten/Kota berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai peratutan Perundang-undangan,” jelas Harum.

Secara teknis, tambahnya, mengacu kepada Surat Ketua KPU RI Nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 Perubahan dari Surat Ketua KPU RI Nomor 132//PL.02-SD/01/KPU/II/2021.

Selanjutnya hasil rekapitulasi tersebut, disampaikan ke para pihak terkait dan diumumkan di website dan media sosial KPU Bulukumba sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi ke publik.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button