Kudeta Myanmar: Myanmar meminta India mengembalikan polisi-polisi yang melintasi perbatasan

Baaca.id — Myanmar telah meminta India untuk mengembalikan semua anggota polisi yang melintasi perbatasan demi mencari suaka setelah menolak untuk melaksanakan perintah militer kudeta Myanmar.

Pemerintah India mengeluarkan pernyataan bahwa sejumlah petugas polisi dan keluarga mereka telah melintasi perbatasan dalam beberapa hari terakhir dala.

Myanmar melayangkan sebuah surat, pihak berwenang Myanmar meminta India untuk mengembalikan para polisi dan keluarganya “untuk menjaga hubungan persahabatan”.

Pasukan keamanan militer Myanmar telah mengambil tindakan keras terhadap demonstran dan setidaknya 55 kematian telah dilaporkan.

Di kota terbesar Myanmar, yangon , polisi menggunakan gas air mata, peluru karet dan granat kejut untuk membubarkan massa.

Hingga saat ini belum ada laporan mengenai korban terbaru dari kudeta militer myanmar.

Dalam pernyataan resmi pemerintah india, Deputi Komisaris Maria CT Zuali, mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa dia telah menerima surat dari distrik Falam di Myanmar yang meminta kepulangan para petugas polisi.

Surat itu mengatakan bahwa Myanmar memiliki informasi tentang delapan petugas polisi yang menyeberang ke India.

“Untuk menjaga hubungan persahabatan antara kedua negara tetangga, Anda dengan hormat diminta untuk menahan delapan personel polisi Myanmar yang telah tiba di wilayah India itu dan menyerahkannya ke Myanmar,”.

Zuali mengatakan dia sedang menunggu instruksi dari kementerian dalam negeri India di Delhi.

Sekitar 30 orang, yang termasuk para anggota kepolisian dan anggota keluarga mereka, telah melintasi perbatasan ke India untuk mencari perlindungan dalam beberapa hari terakhir.

Dalam beberapa hari ini, sejumlah warga Myanmar lainnya menunggu di perbatasan, berharap bisa melarikan diri dari kekacauan tersebut, sebagaimana dilaporkan kantor berita AFP yang mengutip pejabat India.

Bagaimana motif kerusuhan Kudeta Militer Myanmar dimulai ?

 

  • Militer Myanmar merebut kekuasaan pada awal Februari setelah menahan pemimpin yang terpilih secara demokratis, Aung San Suu Kyi.
  • Beberapa hari kemudian, gerakan demonstrasi sipil dimulai. Banyak orang menolak untuk kembali bekerja dan beberapa mengambil bagian dalam protes di jalan.
  • Pasukan keamanan Myanmar merespons dengan tindakan keras -dengan menembakkan peluru langsung ke pengunjuk rasa yang tidak bersenjata. Militer belum berkomentar tentang kasus-kasus kematian yang terjadi.
  • Lebih dari 1.700 orang telah ditahan sejak kudeta tersebut, menurut kepala hak asasi manusia PBB Michelle Bachelet, termasuk anggota parlemen, pengunjuk rasa, dan setidaknya 29 wartawan.
  • Bachelet mengatakan angkanya bisa jauh lebih tinggi karena skala protes yang besar dan kesulitan dalam memantau perkembangan.

kudeta myanmar

Profil Negara Myanmar :

  • Republik Persatuan Myanmar (juga dikenal sebagai Birma, disebut “Burma” di dunia barat ) adalah sebuah negara ebrdaulat di Asia tenggara. Myanmar berbatasan dengan india dan banglades di sebelah barat, thailand dan laos di sebelah timur dan tiongkok di sebelah utara dan timur laut. Negara seluas 676.578 km² ini telah diperintah oleh pemerintahan militer sejak kudeta tahun 1988. Negara ini adalah negara berkembang dan memiliki populasi lebih dari 51 juta jiwa (sensus 2014). Ibu kota negara ini sebelumnya terletak di yangin sebelum dipindahkan oleh pemerintahan junta militer ke  naypyidaw pada tanggal 7 november 2005. Myanmar telah bergabung sebagai anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) sejak tahun 1997.
  • Peradaban awal di Myanmar termasuk penduduk berbahasa Tibeto-Burma di burma utara dan kerajaan moon di burman selatan. Pada abad ke-9, orang bamar memasuki lembah atas sungai irawaddy, diikuti dengan didirikannya kerajaan pangan tahun 1050-an. Sejak saat itu, bahasa burma, termasuk budaya dan buddha theravadda  perlahan-lahan menjadi dominan di negara ini. Kerajaan Pagan jatuh akibat invasi mongol . Pada abad ke-16, setelah disatukan oleh Dinasti Taongoo, negara ini sesaat pernah menjadi kekaisaran terbesar dalam sejarah asia tenggara .Pada abad ke-19, Dinasti konbaoung menguasai daerah yang didalamnya termasuk wilayah Myanmar modern saat ini dan sesaat menguasai Manipur dan Assam . Inggris menguasai Myanmar setelah 3 perang angglo-burma pada abad ke-19 dan negara ini kemudian menjadi koloni inggris. Myanmar mendapatkan kemerdekaan tahun 1948, awalnya sebagai negara demokrasi, tetapi setelah kudeta tahun 1962, negara ini dikuasai militer.
  • Setelah mereka, negara ini banyak mengalami kekerasan etnis. Selama periode ini, PBB dan banyak organisasi lainnya melaporkan terus terjadi pelanggaran HAM secara konsisten dan sistematis. Pada tahun 2011, junta militer myanmar dibubarkan setelah pada tahun 2010 diadakan pemilihan umum, dan pemerintahan sipil dimulai. Hal ini, bersamaan dengan dilepasnya aung san suu kyi dan tahanan politik lainnya, telah memperbaiki catatan hak asasi manusia dan hubungan luar negeri negara ini, memungkinkannya terbebas dari sanksi ekonomi. Namun, negara ini belum terbebas dari kritik akibat perlakuan pemerintah terhadap etnis minoritas. Pada pemilihan umum 2015, partai Aung San Suu Kyi menang mayoritas di parlemen. Namun, militer myanmar tetap menjadi kekuatan utama di politik.
  • Myanmar adalah negara yang kaya dengan giok, batu permata, minyak bumi, gas alam, dan mineral lain. ketimpangan pendapatan di Myanmar adalah salah satu yang terlebar di dunia, karena sebagian besar ekonomi dikuasai oleh sebagian orang yang disokong militer. Per 2016, Myanmar menempati posisi 145 dari 188 negara di dunia menurut indek pembangunan manusia.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button