Laporkan PDPB, KPU Sulsel Gelar Rakor dengan Seluruh KPU Kabupaten Kota se-Sulsel

Digelar secara Virtual

Baaca.id, BONE — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan bersama 24 KPUD Kabupaten/Kota, menggelar rapat koordinasi Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Senin (7/6/2021).

Rapat Koordinasi yang kedua kali ini dilakukan secara virtual dipimpin langsung oleh Uslimin Kordiv Data dan Informasi KPU Sulsel dan di hadiri oleh ketua KPU Provinsi Sulawesi Selatan Faisal Amir, Upi Hastati, Fatmawati Rahim, Syarifuddin Jurdi.

Uslimin menjelaskan bahwa rapat kordinasi PDPB ini merupakan tindak lanjut Surat Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia KPU RI nomor : 366/PL. 02-SD/01/KPU/IV/2021 tanggal 21 April 2021.

“Perihal Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021,dengan menyampaikan beberapa hal sebagai berikut,”jelasnya.

Yang Pertama,melakukan rapat kordinasi Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) setiap tanggal terakhir dibulan berjalan dan paling lambat tanggal 5 pada bulan berikutnya,serta menyampaikan hasil rekapitulasi tersebut kepada partai Politik, Bawaslu, Dan Disdukcapil.

“Dan mengumumkan dokumen tersebut pada papan pengumuman kantor/laman website,portal aplikasi, dan atau media sosial serta membuat siaran pers ke media lokal cetak atau elektronik.

Yang ke Dua,menyampaikan Daftar Pemilih Berkelanjutan yang mengalami perubahan setiap bulan by name by polling station kepada partai politik, Bawaslu dan Disdukcapil setempat.

“Serta mengumumkan dokumen pada papan pengumuman kantor, lama website, atau portal aplikasi masing masing.

Yang ke Tiga,melakukan Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 dengan kegiatan mulai dari bulan Januari sampai bulan Desember.

“Layanan data pemilih, PDPB dengan stakeholder,Rekapitulasi PDPB berkelanjutan,Publikasi Hasil PDPB, membuat hasil laporan hasil PDPB ke KPU Provinsi dan Rakor PDPB.

Yang ke Empat,Melakukan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Per bulan.

“Serta menyampaikan hasil Rekapitulasi tersebut kepada Partai poltik, Bawaslu dan Disdukcapil serta mengumumkan rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan setiap bulan.

Dan yang ke Lima,membuat laporan PDPB yang disertai dengan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan, yang diumumkan oleh KPU Kabupaten/Kota.

“Dengan format PDPB yang mengalami perubahan format formulir Pemilih meninggal sebagai mana lampiran pada SE KPU RI nomor : 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021.

Harapan KPU Provinsi Sulawesi Selatan Kepada KPU Kabupaten/Kota,agar kiranya terus mengupdate Pemutahiran secara Berkelanjutan.

“Dengan tetap menjalin kerjasama semua pihak untuk mencapai Data Pemilih yang berkelanjutan secara Akurat,”tutup Uslimin.(far)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button