Macam-macam Layang-layang Perahu dan Jenis Benangnya

Baaca.id — Layang-layang atau layangan, pasti Anda semua mengetahui jenis permainan ini kan? Bahkan kini layang-layang perahu bukan lagi untuk anak-anak, namun orang dewasa pun juga senang memainkan layangan ini.

Lalu apa sih layang-layang perahu itu? Layang-layang perahu atau sering disebut dengan Layangan adalah satu permainan yang terbuat dari kerangka dengan bahan dasar bambu atau bahan ringan yang kuat pada bagian luarnya dilapisi oleh kertas maupun plastik.

Layangan itu sendiri dimainkan melalui cara mengikat benang lantas ditarik agar terkena angin serta terbang tinggi dan semakin tinggi.

Alasan Kebanyakan Orang Membuat Layang-layang Sendiri

Layang-layang perahu memiliki harga yang akan cukup mahal jika Anda membelinya di toko. Maka, mengapa tidak kita coba untuk membuat layang-layang itu sendiri? Cukup gampang kok cara membuatnya.

Dalam membuat layang-layang perahu Anda harus menggunakan hukum fisika sederhana seperti pelajaran di sekolah ya, rumus itu dipakai agar layangan Anda bisa terbang dengan bagus dan sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk membuat layang-layang perahu dari sekian banyak kerajinan tangan sederhana serta praktis yang dapat Anda nikmati bersama dengan anak, keponakan, adik, atau anggota keluarga lainnya.

Saat membuat layangan memiliki berbagai macam jenis, namun pada umumnya setiap orang memiliki perbedaan satu sama lain saat membuat layangan. Namun disini kami akan membahas mengenai jenis layang-layang perahu yang pernah penulis pahami dan penulis mainkan.

Memiliki bermacam macam jenis layang-layang perahu yang akan kami bahas di sini, mulai dari jenis layangan paling sederhana sampai paling mewah. Dan kalau Anda mau membuat layangan ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam saja kok.

Meskipun terlihat sederhana tetapi Anda harus tetap teliti lho ya saat membuatnya, sebab keseimbangan sayap layangan menjadi poin penting lantaran bila layangan tidak seimbang akan menyebabkan layangan yang Anda buat tidak dapat terbang.

Namun Anda jangan cemas jika layangan tidak bisa terbang, penulis punya sedikit tips untuk mengatasinya yaitu dengan memberikan buntut di bawah layangan, Anda dapat gunakan plastik bekas.

Baca Juga:

Macam-macam Jenis Layang-layang

Berikut ini ada beragam macam jenis layangan dan benangnya simak terus ya ulasan dari kami:

Layangan Adu

Layangan adu ini memiliki bentuk adu yang umumnya sengaja dibuat agar terbangnya lebih agresif di banding layangan sederhana, pada umumnya tidak terlalu besar ukurannya, karena kalau layangan terlalu besar maka semakin berat beban benang layangan untuk menopang.

Sampai menyebabkan layangan mudah putus, sedangkan untuk jenis benang layangan adu sendiri memiliki berbagai macam serta jenisnya.

Layangan Hias

Jenis layang-layang hias memiliki banyak jenis ukuran dari yang besar sampai kecil, layangan hias pada umumnya kerap tampil pada acara spesifik seperti festival layangan, sebab pada acara tersebut banyak sekali terdapat layangan hias.

Jenis Benang Layangan Beragam

Setidaknya ada dua jenis benang layangan adu yang terkenal di masyarakat luas, benang layangan ini juga sering digunakan untuk bermain adu layangan mulai dari kalangan anak kecil sampai dewasa.

Benang Layangan Nilon

Benang ini cukup kuat untuk di adu, ukurannya yang sedikit lebih besar dari pada umumnya sehingga memberikan keuntungan sendiri lantaran akan susah untuk diputuskan, namun kekurangan dari benang ini adalah dari segi beratnya.

Saat Anda menggunakan benang ini pada layangan yang kecil, benang ini lebih cenderung melengkung saat layangan diterbangkan. Maka gunakan benang sesuai kapasitasnya ya agar layangan terlihat sempurna.

Benang Layangan Gilas atau Gelasan

Benang Gilas layangan ini menjadi andalan semua orang, sebab benang ini sampai saat ini masih menjadi juara di antara lainnya, pada umumnya senar ini terbuat dari lapisan serbuk yang konon katanya terbuat dari pecahan beling.

Benang Gilas atau Gelasan ini diakui sangat tajam tidak sedikit dari mereka yang tangannya berdarah saat bermain layangan saat menggunakan benang yang satu ini jika kurang hati-hati atau terlalu semangat.

Akan tetapi jangan khawatir, lebih baik Anda menggunakan sarung tangan saat ingin bermain layangan dengan benang ini ya. Agar terhindar dari luka dari tajamnya benang gilas atau gelasan ini.

 

Related Articles

Back to top button