LBH IHI Laporkan ke Polisi Praktik Politik Uang di Pilkades Bone

Baaca.id, BONE — Praktik politik uang pemilihan kepala desa di Kabupaten Bone kembali ditemukan. Kali ini di Desa Wollangi, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, oknum tim sukses salah seorang calon kepala desa (Cakades) ditemukan membagi-bagikan amplop berisi uang Rp200 ribu, Selasa (16/11/2021).

Lembaga Bantuan Hukum Institut Hukum Indonesia (LBH-IHI) yang mendapatkan surat kuasa dari warga pun langsung melaporkan aksi tersebut ke Polres Bone, Rabu (17/11/2021).

Andi Ilham yang merupakan tim dari LBH saat ditemui mengatakan, selain dirinya melapor ke Polres Bone untuk diproses, pihaknya juga akan melaporkannya ke bupati Bone.

“Aksi money politics merupakan tindak pidana yang diatur pada pasal 149 (1) KUHP dengan ancaman hukuman 9 bulan penjara dan denda Rp4.500,” kata Andi Ilham.

Andi Ilham menambahkan, oknum tim sukses tersebut yang diketahui berinisial SU memberikan uang senilai uang Rp200 ribu kepada warga berinisial SD untuk memilih salah satu cakades. Itu semua, kata Andi Ilham, sudah ada buktinya.

“Sekarang ini kita uji di kepolisian apakah kepolisian betul-betul bisa memproses kasus ini, karena yang selalu kita sosialisasikan di bawah itu adalah money politick itu dilarang dan melanggar,” tegas Andi Ilham.

Andi Ilham mengatakan, pihaknya ingin menguji keseriusan pihak kepolisian menangani kasus ini, karena menurutnya, pilkades itu berbeda dengan pemilihan umum.

“Pilkades itu tidak memiliki Perda atu Bawaslu. Makanya kita uji pidananya,” tambah Andi Ilham.

Sejauh ini dari informasi yang berhasil dihimpun ada beberapa daerah yang diduga terjadi money politic, di antaranya Desa Wollangi, Kecamatan Barebbo, Desa Data Kecamatan Mare, dan Desa Lagori Kecamatan Tellu Limpoe. (farhan)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button