Lestarikan Batik, Novotel Makassar Gandeng UMKM

Baaca.id, MAKASSAR – Manajemen Novotel Makassar Grand Shayla turut menunjukkan dukungan melestarikan batik. Melalui podcast bertajuk Rediscover Indonesia with ALL, Batik Nusantara Celebration : THE STORY OF BATIK KALONG.

Batik Nusantara Celebration dari ALL – Accor Live Limitless juga merupakan program yang dijalankan serentak oleh jaringan Hotel Accor di lebih dari 30 destinasi di Indonesia. Termasuk Novotel Makassar Grand Shayla atau tenar disebut Novotel Makassar.

Program tersebut juga sebagai bagian dari kampanye sepanjang tahun grup Accor bertajuk Rediscover Indonesia with ALL – Accor Live Limitless.

Selain merasakan sensasi menginap di hotel yang berada di Jalan Chairil Anwar itu, kampanye yang digiatkan itu juga bermaksud mengajak para tamu turut menikmati pengalaman local ikonik yang luar biasa melalui empat pilar, yakni kuliner, seni dan budaya, kebugaran dan kesehatan, serta destinasi.

Semua itu tersaji melalui kemitraan dengan ratusan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Podcast ini adalah bentuk dukungan kami dalam melestarikan budaya bangsa yaitu Batik. Dan kami sengaja memilih Batik Kalong yang mungkin banyak orang belum mengetahui tentang sejarah dari Batik Kalong ini. Juga tentunya kegiatan ini merupakan wujud dukungan kami terhadap UMKM,” beber Marcom Manager Novotel Makassar, Vina Taning melalui rilis yang diterima Baaca.id, Rabu (27/10/2021).

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, salah satu yang paling terkenal adalah batik. Batik merupakan warisan budaya bangsa dari nenek moyang kita yang sangat berharga.

Melalui podcast ini diadakan secara live di Instagram @novotelmakassar, Novotel Makassar juga menggandeng UMKM asal Soppeng, yaitu brand Cantika Sabbena yang memperkenalkan cirri khas karyanya, yaitu BATIK KALONG.

Hadir langsung sebagai tamu pembicara, yaitu founder dari UMKM Cantika Sabbena, Nurlaela Buhari yang bercerita tentang sejarah dari karya BATIK KALONG. Juga konsultan pendamping UMKM provinsi Sulawesi Selatan, Andi Ochi Alepuddin yang menjabat sebagai yang berbagi tips buat para penggiat UMKM lainnya.

Brand Cantika Sabbena juga rupanya telah memiliki segudang prestasi dalam memasarkan karya Batik Kalong, salah satu karya masterpiecenya, yaitu BATIK ULAT KALONG.

Motif batik ulat kalong bercerita tentang sejarah daerah Soppeng dimana dulunya daerah tersebut menjadi penghasil terbesar benang sutra di Indonesia.

Dan karya ini mengantarkan Cantika Sabbena menjadi Juara I dalam lomba CertaWarisan Nusantara (WASTRA) tingkat provinsi Sulawesi Selatan.

Pada akhir sesi podcast, ada sesi penjualan produk batik, dimana seluruh profit dari penjualan akan disumbangkan ke ATFAC (A Trust For A Child), Yayasan Peduli Tunas Bangsa yang membantu pendidikan anak Indonesia yang kurang mampu. Hasil penjualan pada acara ini terjual sebanyak 54 pcs baju dan kain.

Penjualan pun masih terus berlangsung hingga akhir Oktober di area Lobby Novotel Makassar. Kegiatan ini juga didukung oleh hotel-hotel di bawah naungan Accor Indonesia lainnya yang berada di Makassar. Yaitu, Ibis Budget Makassar Airport & Ibis Makassar City Center.

“Dan yang terakhir, harapan kami melalui kegiatan ini pun dapat membantu dalam mengembangkan pendidikan anak yang dibawahi oleh ATFAC, YayasanPeduli Tunas Bangsa,” pungkas Vina. (*)

 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button