Lima Anggota Polda Sulsel Diberhentikan Tidak Hormat Gegara Narkoba

BAACA.ID, MAKASSAR— Sekiranya, ada lima anggota kepolisan daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel) yang diberhentikan tidak hormat karena menggunakan narkoba.

Kelima anggota tersebut diantaranya : Bripka Fajar dari Batalyon A, Bripka Irwan Abdullah dari Batalyon A, Bripka Dio Andria Putra dari Batalyon C, Brigpol Haris dari Yanma Sat Brimob Polda Sulsel dan Baratu Rivaldi Rizal dari Yanma Sat Brimob Polda Sulsel.

Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Heru Novianto, mengatakan, kelima anggota tersebut terbukti menggunakan barang terlarang tersebut. Ada yang menggunakan, ada pula yang menjadi pengedar.

“Anggota yang terlibat narkoba akan ditindak tegas dan mereka yang melakukan pelanggaran kode etik dan pidana akan dipecat. Ini sudah komitmen sesuai undang-undang,” tegas Kombes Pol Heru Novianto saat memimpin upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) untuk kelima anggota tersebut, pada (11/5/2022).

Kombes Pol Heru Novianto mengatakan, salah satu anggota yang dipecat tidak hormat itu, sudah pernah disidang kedisiplinan dua kali. Namun tetap mengulangi kesalahan.

Mereka yang diberhentikan tidak hormat itu, kata Kombes Pol Heru Novianto, bakal menjalani penahanan selama satu setengah tahun. Sanksi itu merupakan hasil dari tindak pidana yang dilakukan oknum tersebut sehingga kode etik mereka harus dipecat.

“Bagi anggota yang berprestasi akan diperjuangkan untuk diberikan penghargaan berupa sekolah maupun kenaikan pangkat yang luar biasa. Sedangkan bagi mereka yang mempunyai kesalahan akan dilakukan tindakan tegas dengan melakukan pemecatan,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kombes Pol Heru Novianto juga menyampaikan, kalau ada anggota yang kedapatan melakukan tindakan penipuan terhadap masyarakat dengan modus menjanjikan bisa meloloskan menjadi anggota polri.

“Korbannya sangat banyak. Bahkan nilainya ratusan juta. Karena tidak sanggup mengembalikan uang sehingga anggota tersebut melakukan disersi atau meninggalkan tugas,” sebutnya.

Lebih lanjut, Kombes Pol heru Novianto mengatakan, , anggota itu sudah menjalani hukuman secara pidana dan saat ini terhadap mereka dilakukan sidang etik.

“Bagi anggota yang melakukan pelanggaran maka ditindak tegas hingga pemecatan,” terangnya.

 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button