Resmi Dibuka 30 Juni, Berikut Ini Cara Daftar dan Link Pendaftaran CPNS 2021

Baaca.id – Link Pendaftaran CPNS 2021 telah dapat diakses. Anda yang berminat mendaftar menjadi CPNS penting melakukan persiapan diri.

Berkas-berkas yang dibutuhkan perlu dipersiapkan, karena pendaftaran CPNS berlangsung sampai tanggal 21 Juli 2021.

Selain itu Anda sebaiknya memahami dan mengetahui link pendaftaran CPNS 2021.  Alasannya link pendaftaran CPNS 2021 ini merupakan situs resmi seleksi pendaftaran CPNS.

Ada banyak informasi penting tentang pendaftaran CPNS. Di sini beberapa berita terbaru CPNS disajikan, termasuk di dalamnya terdapat formulir pendaftaran CPNS.

Anda ingin mendaftarkan diri sebagai calon CPNS wajib mengunjungi link pendaftaran CPNS 2021. Link pendaftaran CPNS 2021 yang dimaksud adalah portal SSCASN.

SSCASN, adalah Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara. SSCASN merupakan situs resmi pendaftaran untuk calon CPNS baik pusat maupun daerah.

Portal SSCASN dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara. BKN juga menjadi panitia seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil.

Baca Juga:

Sebelum Anda mendaftarkan diri anda baiknya membuat akun SSCASN di portal SSCASN. Akun SSCASN ini sebagai syarat pendaftaran CPNS dan mendapatkan kartu peserta CPNS.

Cara membuat akun SSCASN di portal SSCASN mudah. Cukup klik website sscasn.bkn.go.id kemudian ikuti petunjuk selanjutnya.

Dilansir dari laman resmi SSCASN.bkn.go.id berikut ini cara membuat akun SSCASN. Sebelum melakukan pembuatan akun terlebih dahulu siapkan KK dan KTP.

Setelah siap, klik link pendaftaran CPNS 2021 di sscasn.bkn.go.id. kemudian pilih buat akun. Selanjutnya Anda akan dibawa ke laman langkah pengecekan identitas.

Kemudian isi nomor induk KTP, nomor KK, nama lengkap sesuai KTP, tanggal lahir, nomor handphone, email aktif, isi chaptcha dan klik lanjutkan.

Konfirmasi lewat email untuk login dengan menggunakan KTP dan KK. Anda dapat langsung melakukan pendaftaran sesudah akun SSCASN 2021dibuat.

Dengan cara mengisi biodata pendaftaran dan login menggunakan NIK maupun password yang sudah Anda buat di laman akun. Berikutnya unggah swafoto dengan memegang KTP.

Kemudian lengkapi data diri dan memilih formasi jabatan yang ditawarkan. Saat melakukan pemilihan formasi jabatan pilih secara tepat dan cermat. Anda tidak perlu buru-buru dalam memilih formasi jabatan tersebut.

Anda dapat memilih formasi jabatan yang tersedia dan pilih sesuai minat, bakat serta kualifikasi pendidikan yang Anda miliki.

Saat melakukan pemilihan formasi jabatan di akun portal SSCASN, Anda hanya bisa mendaftar 1 formasi jabatan di 1 instansi yang ditawarkan dalam satu kali periode pendaftaran.

Sesudah selesai isi data formulir di link pendaftaran CPNS 2021.

Kemudian mengunggah beberapa dokumen penting saat pendaftaran CPNS.

  • Scan pas foto latar belakang merah dengan ukuran maksimal 200 KB jpeg/ jpg,
  • Scan swafoto maksimal ukuran 200 KB jpeg/ jpg.
  • Scan KTP maksimal ukuran 200 KB jpeg/ jpg.
  • Scan surat lamaran maksimal ukuran 300 kb tipe file pdf.
  • Scan ijazah dan Serdik/STR ukuran maksimal 800 kb file pdf.
  • Scan transkrip nilai maksimal ukuran 500 kb tipe file pdf.
  • Scan dokumen pendukung lainnya ukuran maksimal 800 KB file pdf.
  • Kemudian periksa kembali data yang telah diunggah ke link pendaftaran CPNS 2021 di akun portal SSCASN.

Seusai pendaftaran dinyatakan berhasil kemudian Anda diwajibkan mencetak kartu peserta CPNS yang tersedia di portal SSCASN. Simpan kartu peserta CPNS dan pakai saat ujian dasar kompetensi dasar.

Anda bisa melakukan komunikasi kontak pada laman Portal SSCASN berupa alamat email, dan lainnya pada kementerian, lembaga yang gelar pembukaan CPNS di menu layanan call center.

Kemudian bila Anda mengalami masalah saat melakukan pendaftaran CPNS di link pendaftaran CPNS 2021 yaitu sscasn.bkn.go.id. Anda bisa menghubungi bantuan sistem seleksi SSCASN 2021, yaitu layanan Helpdesk.

Layanan Helpdesk adalah layanan bantuan untuk memberikan solusi pada pelamar yang alami masalah pendaftaran CPNS. Di layanan help desk ada beberapa layanan yang diberikan kepada pelamar.

Masalah data diri saat pengisian informasi identitas diri antara lain nomor NIK dan KK tidak muncul. Lalu ada pula NIK yang didaftarkan oleh orang lain.

Kemudian ada juga masalah password antara lain reset password, lupa jawaban pengaman 1& 2. Masih banyak masalah yang ditemukan di saat pendaftaran CPNS di akun portal SSCASN. Dari mulai lokasi lahir ditemukan sampai dengan masalah status pengaduan.

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button