Lutung Setinggi 1 Meter Berkeliaran di Permukiman, Rusak Atap Rumah dan Musalah

Baaca.id, BOGOR — Seekor kera mirip Lutung Jawa berkeliaran di permukiman Warga Kelurahan Cilendek Timur, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat. Keberadaan lutung ini sangat meresahkan warga di sana.

Bagaimana tidak, beberapa hari belakangan ini, lutung tersebut berlarilari di atas rumah warga. Hal ini menyebabkan adanya sejumlah atap rumah warga yang mengalami kerusakan. Selain itu, atap musalah yang ada di wilayah itu juga rusak.

Lutung ekor panjang itu awalnya terlihat di RT 02 RW 03 Kelurahan Cilendek Timur. Lutung itu melompat dari atap ke atap rumah warga. Bahkan warga sempat memberi makanan pisang dan lutung tersebut menerimanya.

Lurah Cilendek Timur, Enditya Luhur mengatakan, memang di Kelurahan Cilendek Timur tidak ada yang memelihara Lutung. Jadi diperkirakan Lutung itu kabur.

“Lutung ini merupakan satwa yang dilindungi. Jadi saya imbau kepada masyarakat agar tidak menembak menggunakan senapan angin. Jika melihat keberadaannya lagi agar segera lapor ke pihak berwenang. Jangan bertindak sendiri, takut nanti malah disalahkan dan diserang oleh Lutung itu,” pesan Enditya.

Hingga saat ini, belum ada laporan warga yang diserang diserang lutung tersebut. Hanya saja, jika lutung itu terus berkeliaran di permukiman, maka akan semakin banyak rumah warga yang rusak.

Warga yang pernah melihat langsung lutung mengakui ukurannya cukup besar. Mencapai satu meter saat berdiri.

Komandan Regu Pemadam Kebakaran Kota Bogor, Tony menjelaskan, anggotanya agak kesulitan saat hendak menangkap lutung tersebut. Rencananya, lutung itu akan dilumpuhkan dengan cara tembak bius.

Menurut Tony, kondisi lingkungan di Kelurahan Cilendek Timur memang cukup mendukung munculnya lutung tersebut. Soalnya, di daerah itu masih banyak pohon rindang.

“Tapi saya tidak menemukan sumber makanan di sini. Makanya sekarang pasti berkeliaran mencari buah-buahan. Kita sudah siapkan senapan bius tapi kalau ramai warga begini, lutung itu juga tidak akan berani muncul,” ungkapnya, Selasa (26/10/2021). (#)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button