Makanan Khas Palu Paling Enak yang Wajib Anda Cicipi

Baaca.id — Palu merupakan salah satu kota besar yang berada di Pulau Sulawesi, sekaligus menjadi ibukota Provinsi Sulawesi Tengah. Palu banyak menyajikan beraneka makanan khas yang wajib Anda cicipi.

Mengunjungi ibu kota Sulawesi Tengah tak lengkap rasanya jika tak menikmati beberapa hidangan makanan khas Palu yang menjadi favorit semua orang. Untuk itu, tak ada salahnya jika Anda bisa mencicipi makanan tersebut saat berada disini.

Makanan khas Palu tak hanya berasal dari kotanya sendiri, namun ada perpaduan dari satu provinsi yakni budaya dari seluruh penjuru Sulawesi Tengah bercampur dan menjadi satu cita rasa yang khas dan istimewa.

1. Kacang Goyang

Makanan yang pertama yang bisa Anda coba saat berada di Palu adalah kacang goyang. Kacang ini pertama kali terlihat hampir sama dengan kacang telur pada umumnya ya. Akan tetapi, yang menjadi pembeda kacang goyang dengan kacang telur adalah pada warna yang beraneka.

Sehingga membuat makanan khas Palu ini menjadi sangat unik dan menambah ketertarikan Anda untuk mencobanya. Untuk itu, Anda bisa menjadikan makanan ini sebagai camilan selama diperjalanan.

2. Labia Dange (Sagu Dange)

Makanan khas Palu yang kedua yang bisa Anda coba saat berada di kota tersebut adalah Labia Dange atau yang sering disebut dengan Sagu Dange. Makanan ini dapat Anda temukan hanya di kota Palu saja lho.

Saat Anda perjalanan menuju Taman Ria akan melihat pemandangan khas kota Palu yang indah dan ditambah dengan menikmati kuliner yang berasal dari sini. Saat Anda berada di tempat tersebut, Anda akan menemukan pemandangan ibu-ibu yang menjual jajanan.

3. Sambal Ikan Roa

Sambal ikan roa adalah salah satu kuliner yang wajib Anda coba saat mengunjungi kota Palu. Sambal ini dapat Anda jadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Bagi masyarakat Palu, sambal ikan roa menjadi salah satu makanan yang tak asing lagi.

Selain memiliki harga yang murah, sambal ikan roa juga memiliki cita rasa yang khas sehingga dapat membuat orang ketagihan untuk mencobanya.

4. Banua Coklat

Makanan khas Palu selanjutnya yang bisa Anda coba adalah Banua Coklat. Makanan ini adalah coklat yang asli dibuat dari biji kakao yang sudah diolah secara khusus. Untuk itu Banua Coklat ini akan menghasilkan rasa yang sangat unik.

Banua Coklat ini rasanya sedikit pahit tetapi tak akan bosan saat memakannya, selain itu coklat pahit itu sendiri memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Banyak ya manfaatnya selain rasanya yang enak juga dapat sebagai kesehatan.

Baca Juga:

5. Kue Paranggi

Saat Anda berkunjung ke kota Palu, tak lengkap rasanya jika tak mencicipi makanan khas Palu yang satu ini. Kue Paranggi adalah hidangan sederhana yang cara pembuatannya pun cukup mudah.

Akan tetapi, rasa pada kue ini tak akan kalah dengan kue khas Sulawesi yang lainnya. Sehingga tak heran jika kue paranggi merupakan kue yang begitu populer sehingga banyak yang dikenal oleh banyak orang baik dari dalam maupun luar negeri.

6. Tabaro Dange

Untuk makanan khas Palu berikutnya adalah Tabaro Dange. Makanan ini terbuat dari kelapa parut dan sagu yang sudah diberi isian di dalam adonannya, makanan satu ini masih dibuat dengan cara tradisional yakni memakai tungku dan belanga.

7. Duo Sale

Makanan khas Palu yang selanjutnya dapat Anda coba saat berkunjung ke ibu kota Sulawesi Tengah tersebut adalah duo sale. Makanan ini terbuat dari ikan teri yang harus dikeringkan terlebih dahulu nanti akan menghasilkan rasa yang begitu lezat dan pedas.

Kemudian saat ikan yang sudah dikeringkan tersebut akan digunakan dan dicampur pada sambal. Sehingga kuliner ini sangat cocok jika dihidangkan dengan nasi hangat yang masih mengepul.

8. Kaledo

Selanjutnya makanan khas Palu yang wajib Anda coba yaitu Kaledo. Kuliner ini sangat cocok bagi Anda yang suka daging sapi, kaledo merupakan salah satu jenis sup kaki sapi yang diolah dengan bumbu khas sehingga akan menciptakan rasa kaldu yang sangat gurih dan lezat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button