Makassar Recover Harapan Baru Genjot Penanganan Covid-19

Baaca.id, MAKASSAR — Pemkot Makassar di bawah kepemimpinan Wali Kota, Moh Ramdhan Pomanto semakin fokus terhadap penanganan Covid-19. Dengan menghadirkan Makassar Recover.

Launching program yang dilaksanakan di kediaman pribadi Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto di Jalan Amirullah, Jumat (5/3/2021) malam itu juga dirangkaikan dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS ) Kesehatan Cabang Makassar. Terkait perlindungan kesehatan buat Tim Makassar Recover.

Di momen tersebut, Moh Ramdhan Pomanto alias Danny menuturkan, Makassar recover bakal melibatkan sejumlah tenaga ahli pada bidangnya masing-masing. Mereka bakal terjun langsung ke masyarakat Makassar.

“5.000 paramedis, atau para Nakes. 306 Dokter, dan manajemen kelurahan, Binmas, dan Babinsa. Manjemen Kecamatan, Satpol PP, Danramil, Kaplosek, semua akan kami libatkan,” tutur Danny.

Mengawali program yang dicetuskan bersama Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi tersebut, Danny Pomanto, mengatakan, semua masyarakat kota Makassar, bakal ditracing menggunakan alat GeNose. “Kita akan turun secara massif untuk menskrining warga Makassar,” kata dia.

Setelah itu, masyarakat bakal diberikan barcode guna mengetahui seseorang terdeteksi sehat, OTG, hingga gejala Covid-19, mulai dari yang paling berat hingga yang paling ringan. Lalu, hasilnya bakal didata kemudian dikirim melalui aplikasi.

“Semua akan dikirim ke laboratorium yang berada di kelurahan,” terang Danny.

Untuk masyarakat yang terdeteksi covid-19, namun berkeliaran itu bakal diketahui, karena telah dikontrol melalui aplikasi dan GPS.

Namun, jika penyintas covid-19 terdeteksi tidak berkeliaran, kata orang nomor satu di Makassar itu, bakal diberikan penghargaan.

“Kita ingin semua disiplin dan taat. Bagi mereka yang taat dengan status yang ada maka dapat insentif,” pungkasnya.

Usai membuhkan tanda tangan di MoU perlindungan kesehatan buat Tim Makassar Recover, Kepala BPJS kesehatan cabang Makassar Greisthy EL Borotoding pun menyampaikan apresiasi sekaligus dukungan atas langkah langkah yang diambil Danny dalam memberikan perlindungan JKN kepada masyarakat di Kota Daeng.

“Langkah yang diambil bapak Walikota sudah sangatlah tepat, memberikan jaminan perlindungan kesehatan, hingga tercapainya pemulihan ekonomi,” ujarnya

Greisthy berharap lewat program BPJS kesehatan, keselamatan masyarakat akan semakin terjamin.

“Ketika diberikan oleh pemerintah kota secara gratis, lewat program ini, tentunya masyarakat akan semakin terlindungi,” terangnya. (efrat)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button