Manfaat Air Rebusan Seledri, Salah Satunya Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria

Baaca.id – Daun seledri ternyata mempunyai banyak manfaat. Pada umumnya, daun seledri disajikan ke dalam kuah sup maupun berbagai makanan lainnya dan memiliki aroma yang harum dan khas ketika dicampurkan ke dalam masakan.

Namun selain untuk masakan, daun seledri juga banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Pada umumnya orang-orang merebus daun seledri untuk diminum.

Manfaat air rebusan seledri ini mengandung banyak gizi, vitamin dan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan merupakan suatu zat yang mempunyai fungsi mengurangi kerusakan sel tubuh akibat proses oksidasi dan radikal bebas.

Selain itu, kandungan seledri juga mempunyai banyak zat bernutrisi seperti folate, potasium, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin K. Daun seledriĀ  kaya akan fitonutrien yang mempunyai sifat anti inflamasi.

Baca Juga:

Manfaat Air Rebusan Seledri Bagi Kesehatan

1. Bantu Menurunkan Tekanan Darah

Dilansir dari merdeka.com, manfaat air rebusan seledri yang pertama yaitu untuk membantu menurunkan tekanan darah. Seledri kaya akan fitokimia atau yang biasa dikenal dengan phthalides, yang dilansir dari webmd.com.

Senyawa ini diperkirakan mampu merelaksasi jaringan dinding arteri untuk meningkatkan aliran darah yang sehat. Peningkatan aliran darah ini mampu menurunkan tekanan darah. Penelitian ini menunjukkan bahwa seledri dapar menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Seledri juga merupakan sumber serat yang baik. Dan hasil tinjauan oleh cochranelibrary.com menunjukkan bahwa orang dengan asupan serat tinggi mampu mempunyai tekanan darah lebih rendah dibanding mereka yang menjalani diet rendah serat.

2. Membantu Mencegah Kanker

Manfaat air rebusan seledri yang kedua yaitu untuk membantu mencegah kanker. Seledri juga mengandung banyak antioksidan yang bisa membantu menghilangkan radikal bebas pemicu kanker dari sel.

Pada faktanya, ekstrak seledri sudah dipelajari untuk dua senyawa antikanker potensial yaitu apigenin dan luteolin.

Apigenin dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kematian sel kanker. Sedangkan luteolin tanaman flavonoid dalam seledri, berfungsi atas potensi efek antikankernya.

Dalam penelitian hewan, para peneliti menemukan suplementasi luteolin yang dapat menurunkan tingkat tumor tikus hampir setengahnya dan mampu memperlambat perkembangan tumor yang tersisa.

Penelitian lain dari China juga mengungkapkan bahwa mengonsumsi 2 batang seledri setiap minggunya dapat mengurangi risiko kanker paru-paru sampai 60%. Penelitian lain juga menunjukan bahwa seledri efektif untuk melawan kanker payudara, ovarium, pankreas, hati, dan prostat.

3. Mampu Meringankan Nyeri Sendi

Daun seledri mempunyai sifat anti inflamasi yang mampu membantu meringankan gejala radang sendi, rematik, dan asam urat. Mengonsumsi seledri dapat mengurangi intensitas dan lamanya rasa nyeri.

Mempunyai sekitar 25 senyawa antiradang yang bisa melindungi tubuh dari peradangan, mengonsumsi daun seledri secara rutin mampu mengurangi risiko peradangan kronis yang dikaitkan dengan berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu radang sendi dan osteoporosis. Manfaat daun seledri juga dapat mengatasi asam urat.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Manfaat air rebusan seledri selanjutnya yaitu untuk membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Seledri mampu melindungi jantung dengan cara meningkatkan biomarker penyakit jantung yang umum.

Terdapat sebuah studi pada tahun 2009 pada hewan, menyatakan bahwa, pada saat hewan tersebut diberi ekstrak seledri selama 60 hari, tikus mengalami penurunan lemak darah yang signifikan, termasuk kolesterol total, kolesterol “jahat” LDL, dan trigliserida.

5. Dapat Meningkatkan Kesuburan Pria

Rebusan seledri mampu meningkatkan kadar kesuburan pada pria. Hal ini ditunjukan dalam Journal of Complementary and Integrative Medicine pada tahun 2017 terhadap 16 studi tentang seledri dan kesuburan menemukan bahwa seledri dapat mempunyai efek perlindungan terhadap zat yang dapat merusak jumlah sperma.

Terdapat juga sebuah studi pada tahun 2015, oleh Avicenna Journal of Phytomedicine tentang efek seledri pada kesuburan tikus menemukan bahwa ekstrak daun seledri selama 30 hari berpotensi meningkatkan jumlah sperma.

Hal ini terjadi karena seledri mempunyai efek penghambatan terhadap radikal bebas, yang dapat berdampak buruk pada kesuburan. Namun, belum ditentukan berapa banyak seledri yang perlu dimakan atau minum untuk melihat manfaat ini.

6. Meningkatkan Kesehatan Usus dan Pencernaan

Manfaat air rebusan seledri yang terakhir yaitu untuk membantu meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan. Seledri mempunyai banyak serat tidak larut, yang dapat meningkatkan rasa kenyang dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu juga bisa membantu meningkatkan keteraturan. Dengan meminum rebusan seledri dapat mencegah dan mengobati sembelit serta membantu membersihkan usus.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button