11 Manfaat Daun Paliasa Bagi Kesehatan dan Bagaimana Cara Mengonsumsinya

Manfaat Daun Paliasa | Baaca.id — Daun Paliasa atau biasa dikenal sebagai nama Katimaha. Daun ini berasal dari tanaman semak. Ciri khas dari tanaman ini adalah bentuk daun yang berbentuk hati dan tinggi tanaman ini bisa mencapai 20 meter dan mempunyai bunga warna ungu yang indah. Tanaman ini sering dijumpai di Sulawesi Selatan.

Sebuah penelitian yang telah dilakukan pada daun paliasa ini menyatakan bahwa Daun Paliasa mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan.

Daun paliasa mempunyai kandungan beberapa senyawa dengan bahan kimia alami. Bahan-bahan alami tersebut dapat memperkuat tubuh Anda untuk melawan berbagai macam penyakit.

Daun paliasa biasanya sering dicampur dengan bahan-bahan lain untuk mencapai sifat obat maksimum dalam menyembuhkan berbagai penyakit yang sulit diobati.

Anda juga dapat mencoba daun ini sebagai obat tanpa efek samping bagi keluarga Anda yang sedang sakit.

Tumbuhan ini termasuk dalam family Sterculiaceae yang berpotensial untuk dikembangkan sebagai obat antihepatitis.

Hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. Nunuk Hariani Soekamto, MS. Selain itu, menurut beliau manfaat daun paliasa ini bisa digunakan dan dipercaya sebagai obat yang bisa mengobati penyakit liver, kolesterol, dan hepatitis dengan cara minum air rebusannya.

Manfaat Daun Paliasa Bagi Kesehatan

Dan inilah beberapa manfaat daun paliasa yang dilansir dari bungabunga.co.id sebagai berikut ini :

Antioksidan

Manfaat daun Paliasa yang pertama adalah untuk antioksidan. Antioksidan merupakan sifat dari daun paliasa yang dapat mencegah efek aksi radikal bebas pada tubuh Anda.

Mencegah Kanker

Selain untuk antioksidan, manfaat daun paliasa juga bisa mencegah kanker. Daun paliasa mempunyai manfaat dalam sel-sel sehat tubuh.

Sel-sel tubuh yang rusak bisa dengan mudah diperbaiki untuk mencegah sel-sel kanker.

Anti Tumor

Konsumsilah manfaat daun Paliasa ini sebanyak mungkin untuk mencegah tumor.

Daun paliasa ini mempunyai sifat anti-tumor yang dapat melindungi tubuh Anda dari serangan tumor, oleh karena itu daun paliasa ini dapat meminimalisirnya.

Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat daun paliasa juga baik untuk sirkulasi darah. Untuk Anda yang sering mengalami gejala penyumbatan darah, solusinya ada pada daun paliasa.

Daun ini dapat digunakan membantu mereka untuk mengatasi dan menyehatkan tubuh.

Mencegah Hipertensi

Manfaat Daun Paliasa untuk tubuh Anda juga baik untuk mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Daun ini mempunyai kelebihan untuk mengontrol tekanan darah Anda yang cenderung tinggi.

Baca Juga:

Mengatasi Peradangan

Manfaat daun Paliasa tidak untuk mengatasi penyakit saja, tetapi juga bisa mengatasi berbagai jenis peradangan yang terjadi pada bagian-bagian tubuh.

Daun paliasa ini memiliki sifat anti inflamasi. Sifat anti inflamasi ialah sifat kuat untuk pengobatan peradangan.

Obat Alergi

Daun Paliasa dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan gejala alergi. Beberapa alergi yang sering kambuh dapat sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari Anda.

Baik untuk Jantung

Jantung Anda sekarang bisa diobati dengan menggunakan daun Paliasa. Daun ini bagus untuk membuat jantung Anda sehat karena kandungan senyawanya dapat melindungi jantung Anda.

Meredakan Nyeri

Selain dapat mengobati radang dan alergi, daun ini juga bisa menghilangkan nyeri pada tubuh. Salah satu nyeri yang bisa diatasi dengan daun ini adalah nyeri sendi.

Jika nyeri sendi Anda datang kembali, cobalah untuk menkonsumsi daun ini secara teratur.

Anti Diabetes

Untuk seseorang yang mempunyai gejala diabetes, jangan menyepelekan hal tersebut. Cegah penyakit diabetes ini dengan menggunakan rebusan daun Paliasa.

Daun ini mengandung antidiabetik yang menjaga kadar gula darah Anda.

Menangkal Radikal Bebas

Daun ini sangat mudah untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh dari akibat polusi dan asap rokok, radikal bebas dapat dikeluarkan dari dalam tubuh karena kamdungan daun paliasa ini mengandung senyawa antioksidan.

Cara Mengkonsumsi Daun Paliasa

Pemanfaatan daun ini umumnya dengan cara direbus dan air rebusannya diminum seperti meminum teh. Air rebusan daun paliasa ini akan berwarna coklat kemerahan seperti warna teh.

Berikut ini adalah petunjuk cara merebus daun paliasa :

Ambillah pucuk daun paliasa sekitar 5-6 pucuk, kemudian cuci bersih dan masaklah dengan air sekitar 3 – 4 gelas, lalu didihkan selama kurang lebih 10 menit atau biarkan saja hingga air mendidih sampai terlihat daun tersebut larut dalam air.

Selanjutnya saring airnya hingga 1 gelas saja untuk sekali minum. Daun ini bisa dimasak beberapa kali, dan bisa ditambahkan air sesuai dengan pemakaian.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat daun paliasa dan petunjuk pemakaiannya semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button