Berikut Manfaat Daun Sirih Cina yang Sering Dianggap Tumbuhan Pengganggu

Baaca.id – Peperomia pellucida atau sering disebut sirih Cina merupakan tanaman yang sering dianggap gulma, rumput liar dan sering di buang. Pada umumnya, tumbuhan liar ini banyak tumbuh di tanah, celah batu, tanah yang tidak terurus, sampai tumbuh di lingkungan hutan.

Pada rumput daun sirih Cina, sering tumbuh buah yang mempunyai bentuk kepala jarum lonjong yang mempunyai diameter sekitar 0,5 – 1 mm. Dilansir dari meredeka.com, buah daun sirih Cina ini memiliki biji-biji kecil yang tumbuh di sampingnya.

Umumnya, sesudah matang biji buah akan jatuh ke tanah dan siap berkecambah, apabila kondisi tanahnya lembap. Walaupun termasuk pada rumput liar, ternyata ada banyak manfaat daun sirih Cina yang baik bagi kesehatan yang tidak boleh kamu dilewatkan.

Daun sirih Cina (Peperomia Pellucida) memiliki agen anti kanker dan anti peradangan. Selain itu, daun sirih Cina juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tanaman ini juga sudah dipakai sebagai obat herbal tradisional oleh masyarakat pada zaman dahulu. Dilansir dari situs Health Benefits Times, berikut ini ada beberapa manfaat daun sirih Cina bagi kesehatan yang harus kamu ketahui.

Baca Juga:

10 Manfat Daun Sirih Cina Bagi Kesehatan

1. Mengobati Arthritis Rheumatoid

Manfaat daun sirih Cina bagi kesehatan yang pertama yaitu untuk mengobati penyakit arthritis rheumatoid. Mengkonsumsi jus yang diekstrak dari batang dan daun sirih Cina, mampu membantu mengobati penyakit arthritis rheumatoid.

Ramuan ini dapat kamu minum pada pagi dan malam hari. Walaupun begitu, kamu harus tetap berhati-hati dalam mengonsumsinya karena ramuan ini dapat memberikan efek langsung dalam waktu yang singkat sesudah dikonsumsi.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat daun sirih Cina bagi kesehatan selanjutnya yaitu dapat melindungi sistem pencernaan dengan baik. Rebusan daun sirih Cina sudah terbukti meringankan pasien yang menderita maagh.

Ekstrak daun sirih Cina mampu menghambat kerusakan pada mukosa lambung/lapisan selaput lendir yang berisi kelenjar dan lubang lambung.

Jika kamu memiliki kondisi kesehatan yang berhubungan dengan pencernaan, konsumsi ramuan daun sirih Cina mampu menjadi alternatif pengobatan herbal yang bisa dilakukan.

3. Membantu Mengobati Kanker

Manfaat daun sirih Cina berikutnya yaitu mampu membantu mengobati penyakit kanker. Rumput liar yang memiliki daun mengkilap ini sudah terbukti dapat mencegah dan melawan pertumbuhan sel kanker.

Daun sirih Cina ini mampu menghambat pertumbuhan berbagai patogen, bakteri, dan senyawa radikal bebas.

4. Menyembuhkan Fraktur

Manfaat daun sirih Cina selanjutnya juga dapat membantu menyembuhkan fraktur. Daun sirih Cina memiliki kandungan mineral yang bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan tulang.

Konsumsi ramuan dari ekstrak rumput liar ini juga mampu membantu mempercepat penyembuhan patah tulang secara efektif.

5. Mengandung Antioksidan Kuat

Manfaat daun sirih Cina yang tidak kalah menarik selanjutnya yaitu kandungan antioksidan tinggi yang ada di dalamnya. Kandungan antioksidan dapat bekerja membersihkan senyawa radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kamu.

Berdasarkan hasil studi, dikatakan daun sirih Cina ini menjadi sumber alami yang baik untuk terapi antioksidan.

6. Anti Jamur

Anti jamur juga menjadi salah satu manfaat daun sirih Cina yang bisa kamu dapatkan. Sifat anti jamur yang ada di dalam tanaman daun sirih Cina, efektif melawan pertumbuhan jamur penyebab berbagai penyakit.

Tentu ramuan ini sangat berguna bagi kamu yang sering mengalami masalah kulit yang disebabkan oleh jamur.

7. Membantu Pengobatan Depresi

Manfaat daun sirih Cina juga mampu membantu pengobatan depresi. Dalam sebuah studi, dikatakan bahwa daun sirih Cina memiliki aktivitas depresan.

Konsumsi ekstrak daun sirih Cina dengan dosis yang tepat supaya dapat membantu pengobatan gangguan rangsangan mental yang berlebihan, termasuk depresi.

8. Anti Inflamasi

Manfaat daun sirih Cina berikutnya yaitu mempunyai sifat anti inflamasi. Konsumsi ekstrak daun sirih Cina diketahui bisa membantu meredakan gejala peradangan, seperti kondisi kulit yang memerah, panas, dan bengkak.

Bahkan daun sirih Cina juga memiliki aktivitas anti inflamasi yang bekerja secara efektif dan signifikan.

9. Mengurangi Asam Urat

Manfaat daun sirih Cina untuk kesehatan berikutnya yaitu mampu mengurangi gejala asam urat. Penelitian yang dilakukan pada hewan tikus, tikus yang diberi ekstrak daun sirih Cina menunjukkan penurunan kadar asam urat sebesar 44% dalam darahnya.

Dari penelitian ini, dapat dipahami bahwa daun sirih merah memiliki kandungan senyawa yang dapat dipakai sebagai alternatif untuk mengontrol kadar asam urat dengan efektif.

10. Anti Bakteri

Anti bakteri juga menjadi salah satu manfaat daun sirih Cina yang bisa kamu dapatkan. Daun sirih Cina diketahui memiliki sifat anti bakteri yang kuat. Minyak atsiri yang dibuat dengan melarutkan daun dan batang daun sirih Cina terbukti mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan dimanfaatkan untuk pembersihan radikal bebas.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button