15 Manfaat Kucing Bagi Manusia dan Keutamaan Memeliharanya

Manfaat Kucing bagi Manusia | Baaca.id — Kucing menjadi salah satu hewan yang banyak digemari dan dipelihara oleh manusia. Karena sifat dan tingkah lakunya yang menggemaskannya itu membuat banyak orang ingin memeliharanya. Hewan mamalia karnivora ini lahir dari berbagai jenis ras.

Beberapa jenis kucing yang populer mulai dari kucing kampung, kucing Persia, kucing Turkish Angora, Kucing maine coon, Kucing Scottish fold dan masih banyak lagi.

Namun, masih banyak juga  orang yang lebih memilih untuk merawat kucing kampung yang mudah dijumpai dimana-mana.

Terkadang tingkah kucing yang lucu membuat kita merasa terhibur. Bentuk fisik hewan kucing ini yang mungil dan berbulu pun membuat kita gemas dan greget ingin memeluk dan mengelus tubuhnya.

Sayangnya, ada sebagian orang yang menganggap memelihara kucing itu tidak baik bagi kesehatan terutama bagi kesehatan perempuan.

Hewan ini dianggap bisa menyebarkan penyakit berbahaya seperti toksoplasmosis yang bisa menyebabkan kematian janin bahkan bisa menyebabkan kemandulan.

Padahal, ada banyak manfaat kucing bagi manusia yang bisa kita rasakan. Manfaat memelihara kucing pun bukan hanya untuk hobi dan kepuasan diri saja.

Akan tetapi dengan memelihara kucing ini akan mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kesehatan mental.

Lalu apa saja sih keutamaan memelihara kucing dan manfaat kucing bagi manusia?

Mari kita simak penjelasannya seperti yang dilansir oleh portaljember.com berikut ini.

Keutamaan memelihara Kucing menurut Islam

Dalam agama Islam, umatnya diajarkan untuk saling menjaga, mencintai dan berperilaku baik terhadap sesama mahluk hidup ciptaan Allah SWT.

Semasa hidupnya, Rasulullah SAW memiliki hewan peliharaan yaitu kucing, beliau sangat mencintai kucing peliharaannya.

Bukan hanya manusia, Allah juga memerintahkan manusia untuk menyayangi dan mengasihi hewan terutama hewan menggemaskan  ini.

Memelihara hewan, khususnya kucing ini memiliki beberapa keutamaan dan manfaat diantaranya yaitu :

  1. Merupakan rahmat dari Allah SWT,
  2. Keutamaan memelihara kucing selanjutnya adalah sedekah. Seseorang yang memelihara kucing dirumah dan merawatnya dengan baik, ikhlas dan penuh kesabaran akan mendapatkan pahala layaknya seseorang yang sedang bersedekah.
  3. Diampuni Dosa
  4. Disayangi Penghuni Langit

Maka dari itu kita sebagai manusia dianjurkan untuk menyayangi dan mengasihi hewan peliharaan dan juga dilarang untuk menyakiti ataupun menyiksanya.

Baca Juga:

Manfaat Kucing bagi Manusia

1. Mampu menghilangkan Stres

Manfaat memelihara kucing yang pertama yaitu mampu menghilangkan stress.

Pada saat kita memelihara kucing, maka kita akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan kucing dan seketika hati kita akan melepas hormon oksitosin.

Hormon oksitosin mempunyai fungsi untuk menciptakan rasa tenang dan rileks.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health menyebutkan bahwa anak-anak yang berada pada usia di bawah 1 tahun memiliki kemungkinan kecil terkena alergi karena interaksi dengan kucing.

Hewan ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan menjauhkan alergi yang mungkin saja bisa terjadi dan dapat menyerang tubuh kita.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Hewan seperti kucing ini cocok bagi yang mempunyai penyakit jantung. Karena dengan cara mengelus dan membelai kucing akan mempunyai efek seperti menenangkan yang positif.

Dengan cara tersebut, kucing dapat menurunkan tingkat stres dan menurunkan kecemasan.

Oleh sebab itu, orang yang memelihara kucing dirumah memiliki resiko serangan jantung 30 persen, dibandingkan seseorang yang tidak memelihara kucing.

4. Mengurangi Terserangnya Penyakit Stroke

Keberadaan kucing di dalam rumah sebagai hewan peliharaan akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih sabar.

Dan kamu juga akan merasa lebih nyaman dan tenang ketika melihat  tingkah laku kucing.

5. Mengatasi Rasa Kesepian Dirumah

Karena manusia mempunyai kebutuhan akan sentuhan, teman bicara, dan teman bermain. Manfaat tersebut akan kamu dapatkan jika kamu memelihara kucing dirumah.

Selain itu, hewan ini juga mampu menghilangkan rasa kesepian ketika kita kehilangan orang yang kita sayangi.

Kucing peliharaan kamu akan mendengar dalam posisi apapun seperti duduk atau berbaring selama kamu berbicara

6. Membantu Menjaga Lingkungan

Memelihara kucing artinya kamu akan selalu berada dalam lingkungan yang bersih. Karena kebersihan rumah kamu akan selalu terjaga karena kebiasaan kucing yang bersih dengan selalu buang air di tempat yang telah disediakan.

Selain itu, kucing juga dapat membantu menjaga rumah kamu dari tikus dan serangga lainnya yang berusaha masuk ke dalam rumah. Kucing akan selalu waspada ketika ada hama yang sengaja masuk ke dalam rumah.

7. Menunjukkan Kepribadian Seseorang

Biasanya pecinta kucing adalah seseorang yang lebih tenang dan cenderung introvert. Tetapi dibalik kepribadiannya itu dia adalah seseorang yang dapat dipercaya.

Pemilik kucing juga lebih suka tampilan yang sederhana.

8. Menumbuhkan Rasa Peduli Terhadap Sesama

Dengan kamu memelihara kucing di rumah, kamu akan menumbuhkan rasa kepekaan dan kepedulian kamu terhadap sesama.

9. Kucing Hewan Penyelamat

Meskipun hewan ini tidak memiliki tingkat kecerdasan seperti manusia pada umumnya, tetapi ada banyak cerita tentang hebatnya kucing yang menyelamatkan pemiliknya dari keadaan yang bahaya.

10. Membantu Interaksi Anak Penyandang Autis

Riset menunjukan bahwa interaksi sosial anak penyandang autis bisa meningkat ketika berada di sekitar binatang peliharaan, salah satunya adalah hewan kucing.

11. Mengatasi Masalah Pernapasan dan Mengurangi Infeksi

Adanya kontak dengan kucing membuat seorang bayi bisa mempunyai sistem kekebalan, mengurangi infeksi, dan masalah pada pernapasan.

12. Memiliki Daya Tahan Terhadap Alergi

Seseorang anak yang tinggal di daerah perkotaan, berinteraksi dengan hewan kucing atau lainnya, bisa memiliki daya tahan tubuh terhadap alergi yang lebih baik.

13. Dampak Positif untuk Kesehatan Mental

Bagi mereka yang memelihara kucing dirumah, pastinya akan merasakan dan mendapatkan manfaat memelihara kucing untuk kesehatan mental.

Misalnya bisa menenangkan pikiran jika sedang banyak masalah yaitu dengan cara mengelus-elus badan kucing.

14. Melatih Kesabaran

Karena sifat kucing itu manja, pernahnah kalian melihat ketika kucing seperti bos atau tuan rumah bagi pemiliknya?

Hal ini tentunya bisa melatih kesabaran kamu. Dibalik kesabaran itu juga bisa membuat pikiran kita menjadi lebih tenang.

15. Bisa Menjadi Alarm

Hewan ini bisa membangunkan kamu di pagi hari sebagai alarm karena mereka sudah lapar, dengan tingkah lakunya itu siapa sangka ini merupakan manfaat memelihara kucing.

16. Memiliki Empati Kepada Makhluk Hidup

Manfaat kucing bagi manusia yang terakhir yaitu bagi mereka yang memelihara hewan khususnya kucing ini biasanya mempunyai empati seperti punya kepedulian terutama kepada makhluk hidup lain.

Itulah informasi mengenai keutamaan memelihara dan manfaat kucing bagi manusia, semoga bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button