Manfaat Rebusan Kayu Manis, Ternyata Bisa Cegah Kanker

Baaca.id – Rempah-rempah terbukti dapat memperkuat daya tahan tubuh karena mengandung banyak antioksidan. Salah satu Negara yang masih memanfaatkan rempah-rempah sebagai obat yaitu Indonesia.

Hal ini dikarenakan Indonesia kaya akan rempah-rempah, sehingga mudah untuk mendapatkannya. Salah satu rempah yang terbukti mempunyai banyak manfaat yaitu kayu manis.

Kayu manis dikenal sebagai rempah yang dapat membuat masakan enak dan mempunyai wangi yang khas. Akan tetapi selain itu kayu manis juga terkenal karena khasiatnya yang sering dijadikan sebagai obat-obatan.

Pada umumnya kayu manis direbus dan diminum untuk dijadikan minuman herbal yang dapat menghangatkan tubuh. Tidak hanya itu, manfaat rebusan kayu manis juga mempunyai beberapa khasiat lain yang baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa kandungan yang ada dalam kulit batang kayu manis ini mampu mengobati berbagai macam penyakit. Dimulai dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang kronis.

Baca Juga:

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Manfaat kayu manis sebagai bumbu masakan mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Akan tetapu, kayu manis juga memipunyai berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh yang masih jarang diketahui.

Untuk kamu yang ingin menjaga daya tahan tubuh, dibawah ini akan membahas beberapa manfaat rebusan kayu manis yang dirangkum oleh bacaa.id, untuk kesehatan yang jarang diketahui orang:

1. Baik untuk Diet

Buat kamu yang sedang diet, konsumsilah kayu manis secara rutin. Kayu manis dapat mengurangi nafsu makan. Jadi, supaya berat badan kamu bisa cepat turun, minumlah air rebusan kayu manis dan dicampur dengan madu secara rutin.

2. Kaya akan Antioksidan

Kita semua tahu pentingnya antioksidan adalah untuk sistem kekebalan tubuh. Radikal bebas di lingkungan sehari-hari dapat merusak sel tubuh yang akan membuat kamu jatuh sakit.

Manfaat rebusan kayu manis yang kaya akan antioksidan ini bisa melindungi dan memperbaiki sel tubuh dari kerusakan. Bahkan saking tingginya akan antioksidan, kayu manis dapat dipergunakan untuk pengawet makanan secara alami.

3. Meringankan Gejala Menstruasi

Manfaat rebusan kayu manis selanjutnya yaitu dapat meringankan gejala menstruasi. Ketika perempuan sedang menjelang masuknya periode menstruasi, akan timbul berbagai gejala yang menjadi tanda akan terjadi peluruhan dinding rahim. Gejala ini biasa disebut dengan PMS (Sindrom Pramenstruasi).

Gejala yang timbul dari setiap wanita, mempunyai gejala yang berbeda-beda. Mulai dari nyeri perut bagian bawah, nyeri pinggang, pusing, mual dan muntah bahkan sebagian orang bisa terjadi pingsan. Munculnya gejala tersebut dapat diminimalisir dengan mengonsumsi rebusan kayu manis yang dicampur dengan teh.

Ramuan bahan alami ini dapat meredakan rasa nyeri pada saat haid dan juga mampu menenangkan perut dari kontraksi. Minuman kayu manis ini bisa mengurangi frekuensi muntah dan rasa mual yang parah saat PMS.

4. Mencegah Diabetes

Manfaat rebusan kayu manis juga sudah dapat menurunkan gula darah. Kayu manis mampu menurunkan gula darah dengan beberapa mekanisme.

Yang pertama yaitu dengan mengurangi jumlah glukosa yang masuk ke aliran darah setelah kamu makan. Kedua, senyawa yang ada di dalam kayu manis mampu bekerja pada sel dengan meniru insulin. Hal tersebut dapat meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel-sel tubuh, walaupun tidak secepat insulin.

5. Mencegah Kanker

Manfaat rebusan kayu manis yang lainnya yaitu bisa mencegah kanker. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat anti oksidan yang memiliki manfaat untuk melindungi pada kerusakan DNA, mutasi sel dan pertumbuhan tumor.

Sedangkan kandungan cinnemaldehyde, memiliki manfaat untuk memperlambat pertumbuhan tumor kanker dan melindungi DNA dari kerusakan radikal bebas yang merupakan penyebab kanker.

6. Memiliki Kandungan Anti-inflamasi

Rasa tidak nyaman dari inflamasi atau peradangan ini umumnya akan mengganggu aktivitas keseharian.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa merebus kayu manis selanjutnya mencampurnya dengan teh.  Manfaat rebusan kayu manis ini mampu meredakan peradangan dan melepaskan tumpukan cairan yang berlebihan pada tubuh kamu.

7. Menjaga Kadar Gula Darah

Rasa dari khas kayu manis yang ringan ini sering dipakai untuk olahan manisan sebagai pemanis dan pengganti gula secara alami. Sebuah studi menyatakan bahwa manfaat rebusan kayu manis dapat mengurangi gula darah.

Hal ini dikarenakan kayu manis cocok bagi penderita diabetes. Untuk merasakan khasiatnya, coba kamu konsumsi secara rutin ½ – 2 sendok teh (1-6 gram) bubuk kayu manis setiap hari.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button