Mantan Teroris Poso Jadi Pelaku Penculik Anak di Bogor dan Jaksel

BAACA.ID – Fakta baru muncul dari hasil pemeriksaan polisi terkait kasus penculik anak di wilayah Bogor dan Jakarta Selatan. Pelaku yang bernama Abi Rizal Afif (28) merupakan mantan terpidana kasus tindak terorisme.

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin saat gelaran konferensi pers. Ia mengatakan polisi masih melakukan pendalaman dengan mengumpulkan keterangan dari pelaku.

“Berdasarkan pengakuan dari pada tersangka, tersangka sudah tiga kali menjalani hukuman pidana di Kantor Polres Bogor. Dua kalinya menjalani hukuman pidana mengenai kasus terorisme, dan yang bersangkutan juga pernah mengikuti pelatihan di Poso 7 bulan,” katanya Kamis (12/5/2022).

Ia menuturkan belum bisa memberikan keterangan lebih jauh apakah aksi penculikannya berkaitan dengan kasus terorisme yang sebelumnya menjerat pelaku. Tak hanya itu pelaku juga pernah menjadi tersangka tindak pidana 378 atau penipuan di daerah Depok.

“Hal ini berasal dari data kriminal pelaku yang kami temukan,” katanya.

Baca Juga:

Adapun modus yang pelaku lakukan adalah dengan mengaku sebagai anggota kepolisian. Lalu pelaku menakuti para korban yang tidak melanggar protokol kesehatan degan tidak memakai masker.

“Yang bersangkutan mengaku sebagai anggota kepolisian Satgas Covid-19, menegur anak-anak melanggar prokes, kemudian merokok, lalu anak tersebut untuk ikut serta dengan pelaku,” pungkasnya.

Sebelumnya, polisi menangkap pelaku penculikan anak di Bogor dan Jakarta Selatan. Proses penangkapan ini merupakan tindaklanjut dari kasus seorang anak bernama Fahri yang diculik saat berolahraga di kawasan Kemang, Bogor, pada Minggu (8/5).

Fahri diketahui dibawa ke Jakarta Selatan dan sempat dibawa ke Tanah Kusir, Jakarta Selatan, pada Selasa (10/5). Di sana, pelaku bertemu dengan bocah Kevin dan dua temannya.

“Pelaku kami tangkap bersama 10 orang anak yang berhasil kita amankan,” ujar Iman dilansir dari detikcom, Kamis (12/5/2022).

Ia menyebut anak-anak yang bersama pelaku tersebut sedang bermain. Tetapi belum diketahui apakah anak-anak itu juga korban penculikan.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button