Pesona Keindahan Kabupaten Masamba Luwu Utara

Baaca.id — Masamba, Luwu Utara adalah kecamatan sekaligus Ibu Kota Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. Berdasarkan UU No. 19 Tahun 1999, Masamba ditetapkan sebagai ibu kota dari kabupaten yang dipimpin oleh Indah Putri Indriani sejak tahun 2016.

Memiliki luas wilayah 1.068,85 km2, Masamba berada di tengah wilayah Kabupaten Luwu Utara. Masamba Luwu Utara berada pada posisi yang strategis sehingga menjadikan Masamba sebagai kecamatan yang ideal.

Kecamatan Masamba Luwu Utara berbatasan dengan Kecamatan Rampi di bagian Utara, Kecamatan Mappedeceng dan Kecamatan Malangke yang menjadi batas pada bagian Timur dan Selatan.

Pemerintah kecamatan Masamba Luwu Utara membawahi 4 kelurahan, 15 desa dan 2 Unit pemukiman transmigrasi, kecamatan ini berada di wilayah dengan topografi yang sangat beragam.

Sebagian desa yang ada di Masamba Luwu Utara wilayah topografi ada yang datar dan ada sebagian wilayah topografi yang memiliki perbukitan. Seluruh wilayah Kecamatan Masamba berada pada ketinggian antara 50 sampai 300 meter diatas permukaan laut.

Transportasi

Masamba terletak pada jalur Trans-Sulawesi yang menghubungkan Sulawesi Selatan dengan Sulawesi Tengah (Poros Palopo-Poso) dan Sulawesi Tenggara (Poros Palopo-Kolaka). Jalur ini biasanya banyak orang yang berdatangan bahkan transit sejenak.

Pada tahun 2017 kondisi jalan yang ada di Kecamatan Masamba Luwu Utara paling relatif baik dibandingkan dengan kecamatan lainnya di Kabupaten Luwu Utara. Masamba memiliki sebuah bandara udara yang berada di pusat kota yaitu Bandar Udara Andi Djemma.

Baca Juga:

Tempat Wisata

Lokasi strategis yang berada di Kabupaten Masamba Luwu Utara saat Anda berkunjung ke Kabupaten Masamba Anda akan di suguhkan pesona alam yang begitu indah, bukan itu saja Masamba juga memiliki beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi.

1. Rumah Pohon

Rumah pohon ini sangat unik karena memiliki kontruksi yang mengikuti lekukan pohon dengan material berasal dari kayu, olahan barang-barang bekas dan sampah. Selain itu, rumah ini juga sering digunakan warga sekitar sebagai tempat belajar bahasa Inggris.

2. Pemandian Alam Tandung

Sungai Tandung adalah salah satu wisata pemandian alam yang jernih dan sejuk. Penduduk lokal menyebutnya sebagai Salu Kula, lokasi tersebut terbilang sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal pada hari libur Sabtu dan Minggu.

Jika Anda ingin menikmati pemandangan alam yang indah dan sejuk dengan santai bersama keluarga tersayang Anda, kami sarankan datang lebih cepat untuk memesan gazebo kalau tidak Anda tidak akan kebagian.

3. Air Panas Pincara

Sudah dari dulu bahwa air panas alam selalu dipercaya memiliki khasiat bisa mengobati penyakit dan merelaksasi tubuh. Di air panas alam Anda akan menikmati sensasi tersendiri saat berada di dalam kolam.

4. Wisata Outbond Baloli

Untuk Anda yang menyukai ketinggian atau fobia dengan ketinggian. Nah, wisata outbond Baloli ini wajib Anda datangi tempat tersebut sangat indah sekali dan sangat menguji ketangkasan saat melewati tantangan di ketinggian.

5. Air Terjun Pongrea

Wisata air terjun yang satu ini sangat menarik jika dikunjungi, karena air tersebut akan terhempas di atas bebatuan sehingga menghasilkan efek pelangi pada sela-sela sinar matahari. Hempasan air juga menghasilkan uap air yang menyerupai asap tebal.

Pendidikan

Masamba Luwu Utara merupakan Ibu Kota Kabupaten, sehingga jumlah fasilitas pendidikan di kecamatan ini relatif lebih banyak dibandingkan kecamatan lain yang ada di Kabupaten Luwu Utara.

Jumlah taman Kanak-kanak sebanyak 24 unit, Sekolah Dasar dan sederajat sebanyak 26 unit, SLTP sederajat sebanyak 12 unit dan SLTA sederajat sebanyak 7 unit. Pada tahun 2017 jumlah total murid tercatat di Kecamatan Masamba Luwu Utara sebanyak 10.211 murid.

Semua itu terdiri dari 940 murid taman kanak-kanak, 4.114 murid sekolah dasar, 2.636 murid SLTP, 2.521 murid SLTA. Apabila dilihat dari jenis kelamin, jumlah murid laki-laki sebanyak 4.979 murid dan jumlah perempuan sebanyak 5.232 murid.

Agama

Untuk menunjang kehidupan beragama di Kecamatan Masamba Luwu Utara terdapat fasilitas tempat beribaha berupa masjid 71 buah, mushola 20 buah dan gereja 3 buah. Berkenaan dengan kewajiban zakat dan infak bagi pemeluk agama islam.

Kecamatan Masamba pada tahun 2017 terkumpul zakat sebanyak Rp 555.633.000 dan infak Rp 72.900.000. jumlah jamaah haji yang diberangkatkan pada tahun 2017 terdapat 71 orang terdiri atas 32 orang laki-laki dan 39 orang perempuan.

Related Articles

Back to top button