Berikut Daftar Masker yang Bisa Dicuci

Baaca.id — Pandemi Covid-19 banyak berdampak bagi kehidupan kita semua. Setiap aktivitas kita dibatasi dan diharuskan untuk mengenakan masker.

Namun baru-baru ini banyak yang membicarakan mengenai limbah masker yang makin hari kian banyak. Mengingat pandemi Covid-19 ini sudah lebih dari satu tahun

Limbah masker yang tidak mudah terurai oleh tanah memunculkan masalah baru. Oleh karena itu, dianjurkan untuk menggunakan masker yang tidak sekali pakai atau masker yang bisa dicuci.

Salah satu masker yang bisa dicuci yaitu masker kain. Namun cara kerjanya dinilai kurang efektif untuk menangkal penyebaran virus Covid-19. Sehingga kita dianjurkan untuk menggunakan masker medis yang dapat dicuci.

Di bawah ini akan dijelaskan dan disebutkan jenis masker yang bisa dicuci untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

Jenis Masker yang Bisa Dicuci

Perlu kita ketahui ternyata ada beberapa jenis masker yang dapat dicuci dan digunakan kembali. Dibawah ini kami rangkum mengenai masker yang bisa dicuci, antara lain:

Baca Juga: Tips Memilih Sepeda Lipat Anak Laki-laki

1. Masker N99

Masker N99 merupakan salah satu masker yang bisa dicuci. Namun perlu diketahui bahwa yang dicuci bukan keseluruhan dari masker tersebut, akan tetapi hanya bagian luarnya saja.

Masker medis memiliki 3 lapisan, bagian luar yang tahan air, filter, dan bagian dalam. Cara mencucinya adalah ketika Anda ingin mencuci, lepaskan terlebih dulu filternya.

Filter tersebut tidak bisa dicuci, melainkan diganti. Setelah filter dilepas, maka Anda bisa mencuci bagian luar dan bagian dalam masker tersebut.

Namun pada masa pandemi Covid-19 dan penyebarannya yang masih tinggi, masker ini tidak dianjurkan untuk dicuci berulang-ulang. Maka sebaiknya jika sudah lebih dari satu kali cuci, sebaiknya diganti.

2. Masker N95

Selain masker N99, produsen masker juga berlomba-lomba membuat masker N95 ini yang juga bisa dicuci. Akan tetapi, sama halnya dengan masker N99, masker N95 ini juga tidak bisa dicuci secara keseluruhan.

Hal ini karena filter masker N95 ini tidak bisa dicuci. Filter ini sifatnya harus diganti secara berkala.

Namun tenang saja, walaupun filter pada masker ini tidak bisa dicuci, filter ini bisa digunakan hingga pemakaian 1 sampai 3 bulan.

Untuk aktivitas sehari-hari, masker ini bisa digunakan hingga 5 hari. Namun untuk tenaga medis dan kesehatan yang bersentuhan dan berhadapan langsung dengan pasien Covid-19, maka masker ini hanya dapat sekali pakai saja.

Sehingga ketika kalian menggunakan masker jenis ini jangan dipakai berulang kali.

3. Masker R99

Masker medis selanjutnya yang bisa dicuci adalah masker R99. Masker ini dibuat dan dirancang untuk menangkal debu dan polutan yang berbasis minyak.

Sehingga dengan menggunakan masker ini, pernapasan dan diri anda bisa terlindungi dengan baik. Kekurangannya ketika dilakukan pencuciannya juga sama, yaitu dalam hal filter.

Ketika mencuci masker R99 ini, filter harus dibuka terlebih dahulu. Hanya bagian dalam dan bagian luar saja yang bisa dicuci.

Masker ini bisa dicuci sampai beberapa kali. Untuk filter harus diganti secara intens atau sesering mungkin, sehingga bisa lebih meningkatkan kinerjanya.

Baca Juga: Ketua DPRD Mamuju Tak Pakai Masker, Ali Rachman: Harusnya Dia Menjadi Teladan

4. Masker Kain

Seperti yang kita ketahui bersama, masker kain banyak tedapat di pasaran saat ini. Dengan harga murah, masker ini banyak diminati. Selain itu, masker ini juga bisa dicuci atau tidak sekali pakai.

Secara keseluruhan masker ini bisa dicuci, tidak ada pantangan khusus pada bagian masker yang dilarang untuk dicuci.

Namun kekurangannya adalah masker ini bukan masker medis. Sehingga lapisan masker ini tidak terstandarisasi.

Selain itu, sudah diketahui bersama bahwa memang masker kain ini sangat tipis, sehingga kinerja dan proteksi untuk melindungi tubuh kita dari virus Covid-19 sangat kurang.

Oleh karena itu, masker ini tidak terlalu direkomendasikan untuk menjadi masker prioritas untuk kegiatan sehari-hari.

Disarankan agar anda lebih teliti lagi ketika membeli dan memilih jenis masker yang tepat dan cocok untuk digunakan. Karena dengan memilih masker yang tepat tentu saja dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan dan cocok ketika pandemi seperti ini.

Itulah masker yang bisa dicuci yang telah kami rangkum. Jangan lupa pakai masker, ya!

 



Related Articles

Back to top button