Masuki Masa Transisi, Pemkab Mamuju Bahas Pembagian Peran OPD

Baaca.id, MAMUJU – Sudah sebulan berlalu terjadinya bencana gempa bumi yang melanda Sulawesi Barat. Kini terjadi masa transisi dari darurat ke pemulihan.

Memasuki masa transisi ini, Pemerintah Kabupaten Mamuju menggelar pertemuan, Rabu (17/2/2021). Pertemuan ini dihadiri sejumlah organisasi perangkat daerah lingkup Pemkab Mamuju, lembaga mitra dan relawan yang diwakili Aditya Yudistira dan Hajrul Malik.

Rapat yang berlangsung sekira 90 menit ini membahas tentang pembagian peran OPD dan pihak-pihak terkait dalam penanganan masyarakat dan bangunan terdampak bencana sesuai dengan tupoksi dan kewenangan masing-masing.

Sedangkan lembaga mitra dan relawan siap membantu pendanaan dan teknis pembangunan infrastruktur, fasilitas publik serta rumah masyarakat yang rusak atau rubuh akibat gempa.

Sekretaris Kabupaten Mamuju, Suaib menekankan perlunya dilakukan penyempurnaan data mengenai pengungsi, korban, bangunan dan infrastruktur. Menurutnya, selama ini terjadi tumpang tindih data yang dikeluarkan antara satu dan lain pihak.

“Maka perlu dilakukan koreksi dan perbaikan data yang dikelola oleh OPD terkait. Misalnya Dinas Sosial akan menangani data pengungsi dan persebarannya untuk kemudian dirilis melalui satu pintu, yakni Dinas Kominfo dan Persandian,” ujar Suaib.

Dia menambahkan, dengan penyempurnaan data ini, diharapkan agar seluruh masyarakat atau korban gempa bisa mendapatkan bantuan bencana yang semestinya. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button