Menag Indonesia ke Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi: Indonesia Siap Berangkat

BAACA.ID, MAKASSAR— Menteri Agama (Menag) Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, telah melakukan pertemuan dengan Menag Haji dan dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F. Al-Rabiah, di Kantor Kementerian Haji dan Umrah, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (20/3/2022) kemarin.

Pada kesempatannya, ia menyampaikan, bahwa jemaah haji dari Indonesia siap berangkat pada penyelenggaraan haji tahun 1443 Hijriah atau 2022 tahun ini. Asal Menag, Haji dan Umrah Arab Saudi, sudah memberi kepastian terkait jumlah kuota jemaah Haji yang bakal berangkat.

“Saya tegaskan, bahwa Indonesia siap melaksanakan haji dan memohon agar segera ada kepastian kuotanya,” kata dia.

Yaqut bilang, Tawfiq sudah memberi penjelasan, bahwa bakal ada pemberangkatan haji dari luar Arab Saudi tahun ini. Namun begitu, Yaqut tak menyebutkan apakah jemaah Indonesia dibolehkan berangkat ke Arab Saudi atau tidak.

“Saya sampaikan bahwa mungkin kuota haji tahun ini belum normal karena pandemi, namun saya berharap Indonesia dapat alokasi ideal,” sebutnya.

Adapun terkait kuota haji, jelas Taqwfiq, bukan keputusan Kementerian Haji dan Umrah saja. Proses pengambilan keputusan harus melibatkan instansi terkait lainnya di Kerajaan Arab Saudi.

Tawfiq juga menjelaskan bahwa jumlah kuota tidak akan sama seperti sebelum pandemi. Namun, Arab Saudi tahun ini siap menerima jemaah haji luar negeri dan persiapan terus dilakukan.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button