Menang Banding, Bandar Narkoba Makassar Batal Dihukum Seumur Hidup

Baaca.id, MAKASSAR – Dwi Putra Abadi, bandar narkoba pemilik 13 kg sabu mendapat keringanan hukum setelah upaya bandingnya di Pengadilan Tinggi Makassar diterima. Dwi yang divonis seumur hidup kini mendapat keringanan 20 tahun penjara.

Berdasarkan penelusuran, putusan banding terdakwa oleh Pengadilan Tinggi Makassar dengan nomor 484/PID.SUS/2021/PTMKS disebutkan dalam amar putusannya bahwa, atas permohonan banding terdakwa maka Majelis Hakim banding memutuskan dan mengadili: menerima permintaan banding terdakwa melalui penasihat hukumnya.

Selanjutnya mengubah putusan Pengadilan Negeri Makassar nomor 262/Pid.Sus/2021/PN Mks. Dari hukuman seumur hidup menjadi 20 tahun penjara.

“Menyatakan terdakwa Dwi Putra Abadi alias Dwi bin Nursalam terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana Tanpa Hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan Narkotika Golongan I yang melebihi 5 (lima) gram,” demikian bunyi amar putusan Pengadilan Tinggi.

Atas dasar itu, Dwi kemudian mendapatkan keringanan hukuman dan akan menjalani pidana badan selama 20 tahun.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa tersebut oleh karena itu dengan pidana penjara selama 20 tahun dan menetapkan masa penahanan yang telah dijalani terdakwa aka dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan,”.

Sementara itu Kasi Pidum Kejari Makassar, Andi Khairil saat dikonfirmasi tak menampik kabar tersebut.

“Iya benar putusan banding Pengadilan Tinggi Makassar sudah kami terima selanjutnya kami akan mengajukan kasasi,” tukas Khairil saat dikonfirmasi, Rabu 22 September 2021.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button