Mengenal Lebih Jauh Kiper PSM, Hilman Syah

Baaca.id — Kiper PSM Makassar, Hilman Syah kini jadi sorotan. Itu karena performa apiknya selama Piala Menpora 2021. Dalam beberapa pertandingan, kiper berusia 23 tahun ini selalu menjadi man of the match atau pemain terbaik. Bagaimana tidak, Hilman Syah sering menjadi pahlawan PSM dengan melakukan penyelamatan-penyelamatan krusial yang membuat PSM terhindar dari kekalahan.

Namanya semakin dikenal saat partai perempat final kontra PSIS Semarang. Dalam babak adu penalti, kiper bertinggi 183 cm ini mampu menahan dua penendang awal PSIS dan membawa PSM lolos ke babak semifinal.

Di babak semifinal menghadapi Persija Jakarta, pemain bernomor punggung 97 ini lagi-lagi tampil mengesankan. Dalam dua pertandingan, gawangnya tak mampu di bobol pemain-pemain Persija.

Bahkan di babak adu penalti, walau pun belum mampu membawa PSM melaju ke partai puncak, namun Hilman Syah mampu menahan empat penendang Persija. Dia pun digadang-gadang menjadi calon pemain terbaik Piala Menpora 2021.

Berikut ada beberapa informasi yang bisa kita ketahui tentang Hilman Syah:

1. Masih Muda

Hilman Syah merupakan aset penting buat PSM maupun Timnas Indonesia. Usianya baru menginjak 23 tahun. Dia lahir di Kabupaten Jeneponto, 25 Mei 1997. Dengan usianya yang masih muda ini, Hilman Syah memiliki potensi untuk berkembang lebih hebat lagi.

2. Dulunya Gelandang

Siapa sangka, Hilman Syah yang begitu kokoh di bawah mistar gawang dulunya seorang gelandang. Dilansir dari Indosport, ia mendapat posisi itu saat awal masuk sekolah sepak bola (SSB).

Namun, ketika ada pertandingan, SBB tersebut tidak memiliki kiper. Akhirnya Hilman Syah ditempatkan oleh sang pelatih untuk mengisi pos penjaga gawang.

3. Dicoret Saat Seleksi di Timnas Indonesia U-22

Bakat Hilman Syah sebagai kiper sudah mulai tercium sejak Liga 1 2018. Dia memang bukanlah kiper utama, tetapi penampilannya di tiga laga terakhir bersama PSM membuat namanya masuk radar tim nasional.

Pada awal Januari 2019, Hilman Syah mendapat panggilan seleksi Timnas Indonesia U-22 asuhan Indra Sjafri untuk persiapan Piala AFF U-22, Kualifikasi Piala Asia U-23, dan SEA Games.

Namun, dia langsung dicoret pada pemusatan latihan tahap pertama karena tidak memenuhi beberapa kriteria dari tim pelatih, yakni skill, fisik, kecerdasan taktik, dan mental.

Sementara itu, penampilan Hilman Syah di Piala Menpora 2021 ini banyak membuat pencinta sepakbola Indonesia kagum. Tidak sedikit yang berharap Hilman Syah bisa mendapat kesempatan membela Timnas Indonesia yang akan berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Juni nanti. (#)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button