Menteri Kelautan dan Perikanan Sebut Stok Ikan Aman Jelang Ramadhan

BAACA.ID, JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyebut pasokan ikan jelang memasuki bulan Ramdhan dan Hari Raya Idul Fitri aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan. Hal ini dirinya sampaikan dalam rapat kerja bersama dengan Komisi IV DPR RI Rabu (23/3/2022).

Dalam paparannya Ia menggambarkan pasokan ikan setiap jelang Ramadhan dan Idul Fitri tiga tahun belakangan hingga nanti akan selalu dalam kondisi cukup.

“Berdasarkan prediksi tahun 2022 kebutuhan ikan menjelang Ramadan dan Hari Raya Idulfitri diperkirakan sebesar 2,64 juta ton sementara itu prognosa ketersediaan ikan selama bulan April dan Mei diperkirakan sebesar 2,99 juta ton dengan memperhatikan pola musim penangkapan dan budidaya. Dengan demikian pasokan ikan diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri,” paparnya.

Selain itu menurutnya untuk harga rata-rata komoditas ikan yang paling banyak dikonsumsi di beberapa kota besar, menunjukkan peningkatan lima sampai sepuluh persen pada minggu pertama puasa. Hal ini terjadi karena peningkatan permintaan ikan dan kebiasaan nelayan yang tidak melaut untuk menyambut awal bulan Ramadan.

“Kemudian harga ikan akan stabil pada minggu kedua hingga Lebaran. Permintaan menurun pada saat Lebaran, lalu stabil di H plus tiga Lebaran, dan meningkat di H plus tujuh yang disebabkan jumlah permintaan untuk keperluan horeka dan oleh-oleh ada peningkatan,” katanya.

Ia juga menjelaskan Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menyiapkan stok ikan dari gudang beku dan produksi perikanan budidaya, untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga rata-rata komoditas ikan di masyarakat, khususnya pada H plus satu sampai dengan tujuh bulan Ramadhan dan saat lebaran sampai dengan H plus tujuh setelah Lebaran.

“Harga komoditas perikanan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri masih kompetitif dan memiliki ragam pilihan, apabila dibandingkan dengan produk substitusi protein selain ikan seperti telur dan daging ayam,” jelasnya.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button