Model Perahu Fiber untuk Nelayan dan Keunggulannya

Baaca.id — Perahu fiber merupakan alat transportasi air yang terbuat dari serat fiber. Disebut perahu fiber, karena perahu tersebut sebagian besar berbahan dasar serat gelas atau fiberglass.

Kapal fiberglass merupakan jenis kapal cepat yang terbuat dari bahan ringan dengan cara  mesin motor baling-baling bekerja maksimal. Perahu fiber memakai mesin disel yang kemudian dipasang pada lambung kapal.

Sebelum adanya model perahu fiber untuk nelayan tersebut bermunculan. Para nelayan biasanya menggunakan perahu terbuat dari kayu.

Keterbatasan bahan kayu yang berasal dari hutan, kemudian banyaknya perawatan mendorong nelayan meninggalkan perahu kayu dan beralih ke kapal fiberglass tahun 2012.

Baca Juga: Peninggalan Kerajaan Gowa di Sulawesi Selatan

Alasan Beralih Perahu Fiberglass dalam Model Perahu Fiber untuk Nelayan.

Sebagian besar nelayan menggunakan perahu fiber, karena lebih tahan lama dan tidak mudah lapuk aman untuk dipakai jangka panjang.

Pembuatan model perahu fiber untuk nelayan dinilai lebih cepat dari perahu kayu, dan mudah perawatannya dengan biaya murah.

Dari sinilah kemudian perlu adanya adanya kompetensi pengrajin pembuatan model perahu fiber untuk nelayan di masa depan.

Kelangkaan kayu untuk bahan perahu yang semakin sulit, maka potensi usaha bisnis perahu fiber semakin besar.

Pelatihan pembuatan model perahu fiber untuk nelayan dengan pengenalan dan desain gambar perahu. Kemudian pembuatan cetakan, pembuatan FRP sampai finishing.

Keunggulan Model Perahu Fiber untuk Nelayan

Perawatan Mudah dan Murah

Perawatan model perahu fiber untuk nelayan dianggap tidak banyak menggunakan biaya maupun waktu. Keunggulan inilah menarik sebagian besar nelayan banyak beralih ke perahu fiber.

Perawatan model perahu fiber untuk nelayan dengan melakukan beberapa cara salah satunya pengecatan. Pengecatan ini diperlukan, sebab cat pada fiber yang sering terkena air akan mengelupas.

Pengecatan juga sering dilakukan untuk menghindari kebocoran. Selain perawatan, perbaikan penting mendapat perhatian. Perahu yang telah dipakai lama, akibat benturan atau terkena benda tajam.

Perbaikan perlu segera dilakukan ketika perahu mengalami kerutan, pengelupasan dengan penambalan,  pendempulan pada bagian fiber yang bermasalah juga menggunakan anyaman dan fiber dan alat perangkat khusus.

Perahu Fiber Lebih Ringan

Ketahanan model perahu fiber untuk nelayan memang  tidak diragukan lagi, bahkan ketahanannya sampai 3 kali lipat dari perahu yang berbahan kayu.

Harganya pun relatif lebih murah dari perahu berbahan kayu. Saat mengalami kebocoran pada perahu, melayan dapat dengan mudah menambalkannya dengan memakai fiber cair.

Fiberglass cair umum digunakan untuk menambal kapal dari bahan fiberglass. Kemudahan ini merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh kapal dengan bahan dasar fiberglass.

Perahu Fiberglass Menggunakan Teknologi Vacuum Infusion

Keunggulan lain dari perahu berbahan fiberglass, yaitu menggunakan teknologi terbaru. Teknologi tersebut yang disebut Vacuum Infusion.

Dari teknologi Vacuum Infusion ini pula membuat kapal lebih ringan dan memiliki ketahanan yang jauh lebih kuat dari perahu hand lay up.

Selain ketahanan kapal yang kuat, kemudian harganya pun juga mahal perahu yang dibuat dari teknologi Vacuum Infusion.

Harganya mahal karena anggaran yang dibutuhkan untuk pembuatan kapal tersebut sekitar 15% hingga 20% dari kapal berbahan dasar fiberglass lainnya.

Tahan terhadap Suhu di Laut

Anda yang ingin belajar mencari ikan di laut bisa memakai model perahu fiber untuk nelayan. Perahu yang berbasis teknologi Vacuum Infusion dan fiberglass mampu tahan terhadap suhu panas maupun dingin.

Model perahu fiber untuk nelayan seperti ini bisa digunakan nelayan untuk melaut dan mencari ikan dalam jangka waktu lama.

Baca Juga: Pesona Hutan Pinus Malino yang Ngehits

Berat Kapal Model Perahu Fiberglass untuk Nelayan yang Efisien

Model perahu fiber untuk nelayan memiliki berat lebih ringan yang dapat menghadapi ombak besar saat berlayar di tengah laut. Kandungan fiber yang ada di badan kapal mempuyai kepadatan yang merata.

Ramah terhadap Lingkungan

Model perahu fiber untuk nelayan berbahan dasar dari fiberglass dinilai ramah lingkungan. Penggunaan kayu dapat diminimalisir yang berarti menyelamatkan lingkungan Indonesia.

Keunggulan model perahu fiber untuk nelayan tersebut menjadi rekomendasi bagi Anda untuk segera memakai perahu fiber. Pastikan perahu fiber yang Anda pilih  berkualitas baik agar nantinya keamanan saat berlayar.

 

Related Articles

Back to top button