Mengenal Dekat MTsN 2 Semarang

Baaca.id — Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Semarang merupakan salah satu sekolah menengah pertama negeri berbasis Islam di kota Semarang, Jawa tengah.

Salah satu sekolah unggulan tingkat pertama yang beralamat di Jalan Citandui Raya III, Desa Mlatiharjo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang Jawa tengah.

Sekolah yang letaknya di kota Semarang ini memiliki banyak prestasi dari tingkat kabupaten hingga nasional. Prestasi yang diraih MTsN 2 Semarang menjadikan sekolah tersebut salah satu sekolah favorit di Semarang Jawa Tengah.

Sejarah Singkat MTsN 2 Semarang

MTsN 2 Semarang perjalanan sejarahnya mengalami proses yang panjang sampai kemudian berganti nama sekolah beberapa kali.

Perubahan nama dari MTsN Filial Semarang di bawah Yayasan Mu’allimat. Pada tahun 1997, sekolah yang berlokasi di Jalan Veteran nomor 3 MTsN Filial resmi memperoleh status negeri dan menjadi sekolah MTs Negeri Gajah Mungkur.

Sekolah ini juga sempat sewa kontrak gedung selama 3 kali, bahkan tidak dapat diperpanjang atau diperbaharui lagi.

Keadaan tersebut mendorong pihak sekolah melakukan berbagai cara untuk mencari gedung yang digunakan untuk proses belajar mengajar.

Namun, bantuan berbagai pihak akhirnya membuat MTs Negeri Gajah Mungkur menempati gedung SD Mlatiharjo 04 di Jalan Cintadui Raya III yang tidak terpakai pada tanggal 28 Agustus 1998 dengan 3 kelas dan 1 ruang tata usaha.

Semenjak itu MTs Negeri Gajah Mungkur menempati gedung bersamaan dengan SD Mlatiharjo 04. Saat itulah perubahan nama dari MTs Negeri Gajah Mungkur ke MTsN 2 Semarang mulai digunakan.

SD Mlatiharjo 04 kemudian marger ke SD Mlatiharjo 01-02 dan sejak itu MTsN 2 Semarang menempati Gedung secara penuh.

Pada perkembangan berikutnya, tanggal 17 September 2002 MTs Negeri Gajah Mungkur menjadi MTsN 2 Semarang. Di masa kepemimpinan Drs. Junaedi, MTsN 2 Semarang menggunakan gedung sekolah yang baru di Jalan Soekarno Hatta.

Syarat Pendaftaran Masuk MTsN 2 Semarang

Persyaratan Umum

Lulus SD/MI tahun 2019/2020 dan berumur tidak lebih 15 tahun. Beragama Islam dan berkarakter baik fisik maupun mental. Selanjutnya mengisi formulir secara online dengan baik dan benar.

Persyaratan Dokumen untuk di Upload

  1. Foto/scan nilai rapor asli kelas 5 semester 1
  2. Foto/scan nilai rapor asli kelas 6 semester 1
  3. Foto/scan Kartu keluarga
  4. Foto/scan Akta kelahiran
  5. Foto/scan piagam prestasi kejuaraan
  6. Pas foto berwarna 3×4

Baca Juga:

Persyaratan Penilaian Membaca Al-Qur’an

Calon pendidik wajib mengikuti penilaian kemampuan membaca Al-Quran 3-5 ayat melalui video call WhatsApp. Calon pendidik baru yang mendaftar akan dihubungi oleh panitia sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Verifikasi Berkas

Berkas yang telah di kirim akan ditindaklanjuti oleh oleh panitia secara online. Lalu hasil  verifikasi berkas akan diumumkan melalui website pendaftaran.

Kemudian calon siswa yang lolos seleksi, wajib daftar ulang dan mengisi formulir pendaftaran ulang di website https://mtsnegeri2kotasemarang.sch.id/.

Gerakan Literasi di MTSN 2 Semarang

Setiap hari Sabtu, mading di MTSN 2 Semarang selalu ada hiasan berupa cerita pendek hasil karya siswa sekolah setempat.

Mading dibuat dari dan untuk siswa merupakan salah satu sarana bagi para pelajar di sekolah tersebut berkarya lewat cerpen.

Tidak hanya dilatih menulis, tetapi juga diajarkan berani tampil di depan kelas untuk bercerita sesuai apa yang mereka tulis di Mading.

Gerakan literasi di MTsN 2 Semarang tidak sebatas kegiatan mading dan menulis puisi atau cerpen. Perpustakaan juga mulai dikembangkan lebih nyaman dan jumlah buku-buku cukup komplit refresentatif untuk proses belajar mengajar.

Hafal Juz Amma dan Juz 29 Al-Qur’an Syarat Wisuda

Ada yang menarik saat wisuda MTsN 2 Semarang pada prosesi wisuda. Siswa diwajibkan hafal Juz Amma dan Juz 29 Al-Qur’an baru kemudian ikut wisuda.

Sebanyak 299 siswa mengikuti prosesi wisuda di gedung pertemuan Universitas PGRIS.

Itulah ulasan singkat tentang sekolah MTsN 2 Semarang yang bisa menambah pengetahuan dan wawasan Anda.

 

Related Articles

Back to top button