Pemprov Sulsel : Rencana Persyaratan Tes Narkoba Bagi Calon Pengantin Mulai Tahun Ini

Baaca.id, Sulsel – Pemberlakuan tes Narkoba sebagai salah satu syarat mengajukan pernikahan ke Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan agenda kerja Pemerintah Sulawesi Selatan tahun ini. Pemprov Sulsel merencanakan tugas diamanahkan ke Dinas Kesehatan Sulsel bekerja sama dengan Kanwil Kementerian Agama dan BNNP Sulsel.

Pengelola program NAPZA Dinkes Sulsel, Abdul Latif Lira, Kamis (6/1/2022) menyampaikan bahwa setelah kesepakatan antara 3 instansi tersebut dinyatakan resmi, aturan akan diberlakukan mulai tahun ini sesuai arahan dan kebijakan Pemprov.

“Setelah kesepakatan tiga instansi telah resmi, akan diuji coba ke beberapa kabupaten/kota. Ini mempersyaratkan tes Narkoba bagi calon pengantin. Salah satu di antaranya di wilayah terdekat dulu. Mulai tahun ini, calon pengantin sudah harus dilakukan tes Narkoba,” ungkapnya.

Latif juga menyampaikan bahwa calon pengantin diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SKHPN) oleh BNNP. Caranya adalah dengan membawa fotocopy KTP dan mengisi formulir. Setelah itu, yang bersangkutan akan dicek tekanan darahnya dan diberi resep untuk mengambil alat tes di apotik. Petugas BNNP akan membantu dan memberikan keterangan sesuai hasil tes.

Latif melanjutkan, adapun hasil tes tidak akan mempengaruhi jalannya pernikahan. Bagi yang positif Narkoba tetap bisa melanjutkan penikahan, tetapi wajib menjalani rehabilitasi setelah pernikahan nanti.

“Tidak membatalkan proses pernikahan. Tetap dinikahkan. Cuma setelah itu akan kami assessment (diteliti dan dinilai), apa akan rawat jalan atau inap,” terangnya.

Latif menambahkan, ketiga instansi terkait akan melakukan sosialisasi melalui bimbingan perkawinan pranikah. Di samping itu, persyaratan lain juga masih tetap diberlakukan, seperti calon pengantin perempuan harus menjalani vaksinasi Tentanus Toksoid (TT) di Puskesmas..

 

 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button