Niat Salat Hajat dan Cara Melakukannya

Baaca.id — Salat hajat salah satu salat sunnah yang dilakukan pada siang hari atau  saat jelang subuh dengan tujuan supaya keinginan dan harapannya yang dicita-citakan dikabulkan oleh Allah SWT.

Salat hajat biasanya dikerjakan setelah berkhitiar untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Lalu berserah pada Allah SWT dengan salat hajat.

Sebagaimana riwayat HR. Ahmad yang menyebabkan bahwa siapa yang berwudhu kemudian dilanjutkan dengan salat hajat, maka Allah SWT akan mengabulkan apa yang diinginkan cepat atau lambat.

Salat hajat dapat dilakukan 2-12 rakaat yang waktu kapan saja baik pagi, siang maupun malam hari. Sebelum mengetahui niat salat hajat dan cara melakukannya penting mengetahui keutamaan salat hajat.

Berikut informasi mengenai niat salat hajat dan cara melakukannya.

Mempermudah Terkabulnya Doa

Setiap muslim mempunyai keinginan dan harapan di masa depan. Cara salat hajat merupakan sarana tepat  untuk meminta langsung kepada Allah agar keinginannya tersebut. Oleh karena itu, umat muslim yang ingin terkabul doanya dengan mendirikan salat hajat.

Terhindar dari Kesulitan dan Marabahaya

Ingin terhindar dari kesulitan dan marabahaya, Allah SWT menganjurkan kepada umat muslim untuk salat hajat. Dengan cara salat hajat dan berdoa meminta pertolongan dari Allah SWT. Allah SWT akan juga akan mendengar dan mengabulkan doa.

Sebagaimana riwayat Wahid bin Al-Warad seperti dilansir dari NU Online, Syekh M. Nawawi Banten menyebutkan bahwa bagi seorang muslim yang mengalami kesulitan untuk melakukan salat hajat sebanyak 12 rakaat.

Niat Salat Hajat dan Cara Melakukannya

Setelah mengetahui keutamaan salat hajat, saatnya Anda melaksanakannya dengan terlebih dahulu mengucapkan niat salat hajat. Niat salat hajat dan cara melakukannya penting dilakukan dan dipahami secara mendalam supaya ketika salat hajat lebih khusyuk.

Sesungguhnya meminta kepada Allah SWT diwajibkan, asal dengan cara yang benar dan tidak menyalahi aturan, sesuai syariat Islam.

Niat salat hajat dan cara melakukannya:

Usholli sunnatal haajati rok’ataini lillahi ta’aala. Artinya, aku berniat salat hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Sesudah mengucapkan niat dilanjutkan membaca doa iftitah dan Al-fatihah. Baru kemudian membaca surat pendek seperti surat An-Nas, surat Al-Ikhlas, atau surat Al-Kafirun sebanyak 3 kali.

Rakaat kedua bisa membaca surat-surat pendek yang ada dalam Al-Quran. Berikutnya rukuk dan i’tidal dengan tuma’ninah yang diakhiri salam.

Sesudah selesai salat hajat, lalu dilanjutkan berdoa kepada Allah SWT dengan bersujud. Ketika bersujud inilah mengucapkan doa sebagai berikut:

Subhanallah walhamdulilah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illa billahil ‘aliiyil ‘adzim sebanyak 10 kali.

Kemudian dilanjutkan membaca “Allahumma sholi ‘alaa sayyidina Muhammad waalaa ali sayyidina Muhammad” sebanyak 10 kali. Dan terakhir diakhiri “Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wa fil’ akhirati hasanah wa qinaa ‘adzaaban nar”.

Doa lain yang bisa diucapkan setelah salat hajat dengan membaca surat-surat pendek seperti surat Al-Ikhlas, surat An-Nas, surat Al-Falaq, dan ayat Kursi yang masing-masing dibaca 3 kali.

Sesudah itu baru kemudian membaca doa salat hajat, tetapi bila doa tersebut tidak hafal bisa menyampaikan apa yang diinginkan atau harap kepada Allah SWT dengan bahasa sendiri dengan khusyuk dan ikhlas supaya dikabulkan oleh Allah.

Baca Juga:

Waktu Tepat Salat Hajat

Sebelum melakukan ibadah salat hajat ada baiknya Anda mengetahui waktu yang tepat salat hajat. Waktu salat hajat bisa dilakukankapan saja, karena ada waktu-waktu yang dilarang untuk melaksanakan salat hajat.

Beberapa waktu yang dilarang melakukan salat hajat antara lain seusai salat subuh hingga matahari terbit. Kemudian waktu salat ashar hingga matahari terbenam.

Waktu terbaik melaksanakan salat hajat, adalah sepertiga malam jelang waktu subuh. Selain itu jumlah rakaat dalam cara salat hajat yakni 2, 4 rakaat, 8 rakaat dan paling banyak 12 rakaat, yang setiap 2 rakaat disertai salam.

Itulah informasi mengenai niat salat hajat dan cara melakukannya, semoga bermanfaat dan memberi pengetahuan di bulan suci Ramadan ini.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button