Nilai Penjaringan Kadus Tidak Sesuai Mekanisme, Warga Desa Walimpong Melapor ke DPRD

Baaca.id, BONE — Sejumlah warga dari perwakilan Dusun Palakka, Desa Walimpong, Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone, bertandang ke Gedung DPRD Bone Selasa (2/11/2021).

Kedatangan warga Walimpong ini didampingi tim kuasa, untuk menyampaikan aspirasi, terkait beberapa permasalahan yang ada di Desa tersebut, dan diterima langsung oleh Ketua DPRD Bone Irwandi Burhan.

Adapun dasar aspirasi warga yang telah menjadi hasil dari tudang sipulung, oleh masyarakat Dusun Palakka, pada tanggal 7 oktober 2021. Yang kemudian dirumuskan menjadi 3 poin, untuk di aspirasi kan di DPRD Bone sebagai berikut.

Mempertanyakan terkait imam desa, yang dinilai oleh masyarakat tidak melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagai imam desa, penjaringan Kepala Dusun dinilai tidak sesuai dengan mekanisme, dan melaporkan adanya pungutan yang dilakukan oleh aparatur desa untuk pengurusan Prona, yang sebelumnya tidak pernah ada di desa Walimpong.

Muh. Sahir salah seorang Tokoh masyarakat Desa Walimpong menegaskan bahwa saat ini masyarakat butuh kejelasan.

“Jangan ada permainan harus melalui mekanisme dan jelas. Selain itu siapapun yang diangkat menjadi imam desa harus tau fungsi dan tugasnya sebagai imam,” jelasnya.

Ia juga berharap agar kiranya pihak DPRD Bone memanggil instansi dan oknum terkait untuk dimintai keterangannya.”Jika terbukti, warga mendesak akan ada tindakan tegas, agar ada efek jera dan pembelajaran untuk kedepan,” tutur Muh. Sahir.

Sementara itu, Kepala Desa Walimpong, Taufik Lonto mengaku pemilihan kepala dusun tidak ada masalah. “Saya rasa tidak ada masalah apalagi melanggar. Semua sudah sesuai dengan prosedur. Jadi apa yang mau dipermasalahkan,” tanyanya.

Kalau untuk imam desa itu, dia memakai SK dari Depag sendiri. Jadi otomatis tidak mendapatkan honor dari desa. Untuk masalah prona itu saya tidak tahu karena sudah lama masih di tahun 2016. Dan saat prona itu turun saya tidak lagi menjabat sebagai kepala desa,” tutur Taufik Lonto. (farhan)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button