Operasi Patuh 2021: Fokus Penegakan Prokes dan Tindak Knalpot Bising

Baaca.id, MAKASSAR – Operasi Patuh 2021 digelar mulai Senin hari ini (20/9/2021) hingga 14 hari ke depan. Operasi ini akan fokus pada penegakan protokol kesehatan.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Tahun 2021 di Aula Gedung Serbaguna Mapolda Sulsel, Senin (20/9/2021). Operasi ini digelar hingga 03 Oktober 2021.

Merdisyam mengatakan Operasi Patuh 2021 ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Selain itu, operasi ini juga akan fokus pada penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Jadi diharapkan Operasi Patuh tahun ini dapat menekan angka penyebaran Covid-19, juga menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan black spot, trouble spot dan juga menekan angka fatalitas Lakalantas yang dapat mengakibatkan korban jiwa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol E Zulpan yang ditemui usai pelaksanaan apel mengungkapkan, selama digelarnya Operasi Patuh 2021 personel harus mengedepankan sikap humanis, simpatik, edukatif, guna meningkatkan simpati masyarakat.

“Karena situasi masih dalam penyebaran Covid-19, pelaksanaan Operasi Patuh 2021 berfokus dalam upaya penanganan memutus mata rantai pandemi Covid-19 serta mencegah terjadinya kerumunan massal”, ungkapnya.

E. Zulpan menegaskan, selama Operasi Patuh 2021 Polda Sulsel dan jajaran tetap memberikan sanksi tegas kepada setiap pelanggar yang terbukti melanggar lalu lintas. Termasuk pada pelaku balap liar dan pengguna knalpot bising.

“Juga yang tidak memakai helm standar, Safety Belt, melebihi batas maksimum, di bawah pengaruh alkohol, berkendara di bawah umur, tidak membawa dokumen kendaraan, berkendara menggunakan handphone dan melanggar rambu-rambu lalu lintas lainnya,” katanya.

Diharapkan dengan pengetatan ini, kecelakaan lalu lintas di Sulawesi Selatan menurun. Kata Zulpan, yan terpenting adalah mendorong kesadaran masyarakat berlalu lintas yang semakin tinggi.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button