Pacu Perkembangan Motorik Anak Melalui Gebyar PAUD Insan Masagena 2021

Baaca.id, MAKASSAR — Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sulsel, Naoemi Octarina, menghadiri Gebyar PAUD Insan Masagena 2021, Sabtu (27/11/2021).

Menurut Noemi, kegiatan yang dilaksanakan di PAUD – TK Masagena, Jalan Hertasning Blok E 10 No 11 Makassar dan dibuka Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sulsel, Andi Irawan Bintang itu sangat bermanfaat untuk melatih perkembangan motorik anak.

Ia pun menyampaikan apresiasinya kepada pengurus baru Yayasan Anak Madani Masagena, kepala sekolah dan para guru, yang melaksanakan kegiatan yang terdiri dari lomba menggambar, mewarnai, dan tahfidz Quran tersebut.

Untuk meningkatkan kualitas PAUD – TK Insan Masagena, Naoemi mengungkapkan, pihaknya telah melakukan review dengan melibatkan Satuan Pengawas Intern (SPI) dan organisasi Aisyiyah. Selanjutnya, apa yang menjadi rekomendasi dari SPI dan Aisyiyah, kemudian diaplikasikan di sekolah tersebut.

“Kami sampai meminjam guru dari Aisyiah, dan sangat membantu. Selama pandemi, para guru ini melakukan pembelajaran tatap muka, door to door. Dan sekarang, lembar kerja siswa disesuaikan dengan usia anak,” terangnya.

Tidak sampai di situ, juga dilakukan seleksi kepala sekolah dan guru, yang juga melibatkan Aisyiyah. Tujuannya, agar sistem pembelajaran anak sesuai usianya, dan ada perbaikan kualitas.

“Sebelum pandemi, ada 70 siswa disini. Masuk pandemi, sisa tujuh orang. Dan sekarang, sudah ada 24 siswa. Mulai membaik. Semoga, dengan kegiatan ini, animo masyarakat untuk memasukkan anaknya kesini, bisa kembali lagi,” harap Naoemi.

Segala bentuk perbaikan yang dilakukan di PAUD – TK Masagena, tambahnya, karena sekolah tersebut adalah milik pemerintah provinsi. Sehingga, sudah seharusnya menjadi sekolah percontohan PAUD holistik terintegratif.

Sementara Kepala Dinsos Sulsel, Andi Irawan Bintang mengatakan, acara perdana yang dilaksanakan oleh pengurus yayasan yang baru tersebut, sangat luar biasa. Bagi anak usia PAUD, merupakan periode emas perkembangan anak untuk memperoleh pendidikan dan pengasuhan secara optimal.

“PAUD ini sangat penting. Ini merupakan wadah belajar untuk mendukung SDM berkualitas di masa yang akan datang. Semoga acara hari ini menjadi starting point untuk langkah selanjutnya,” harapnya.

Berdasarkan laporan panitia pelaksana, kegiatan tersebut diikuti 115 peserta dari berbagai sekolah PAUD di Kota Makassar. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button