Pasang Kamera Mini, Sindikat Pembobol ATM Gasak Uang Nasabah Rp490 Juta

Baaca.id, PASURUAN — Dua warga negara asing (WNA) asal Bulgaria ditangkap jajaran aparat kepolisian Polres Pasuruan Kota. Keduanya diduga pelaku sindikat pembobolan ATM dengan modus skimming.

Kedua pelaku adalah Victor Boychev Dimitriv (39) dan Plamen Metkov Beshirov (41). Dari hasil penyidikan petugas, kedua pelaku diduga merupakan jaringan sindikat pembobol ATM yang kerap beraksi di wilayah Indonesia terutama Jawa Timur.

Dalam konferensi pers yang digelar Polres Pasuruan Kota, Selasa (12/10/2021) dijelaskan, modus yang dilakukan pelaku yakni menaruh alat skimmer di mulut ATM dengan sebuah kamera mini di dalam lokasi ATM tersebut. Selanjutnya, pelaku akan mengambil hasil data nasabah beberapa hari kemudian untuk dikirimkan ke teman pelaku di negara asalnya.

Kedua pelaku kemudian menguras uang milik nasabah dengan cara melakukan ilegal acces, memasukkan ATM palsu dan menarik uang nasabah.
“Total ada sekitar 20 orang nasabah dengan kerugian sekitar 490 jutaan,” ungkap Kapolres Pasuruan, AKBP Arman.

Arman juga mengungkapkan, kedua pelaku berhasil ditangkap di sebuah hotel di wilayah Surabaya pada 3 Oktober 2021 lalu. “Pelaku kita tangkap di Surabaya. Keduanya memang kerap beraksi di sejumlah ATM di Jawa Timur,” ujar Arman.

Sebelum ulahnya terbongkar, kedua pelaku sempat melakukan aksinya di salah satu ATM milik bank pemerintah di wilayah Kota Pasuruan. Dari tangan kedua pelaku, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, seperti peralatan skimming dan uang senilai Rp450 juta rupiah. (#)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button