Pasukan Rusia Ditarik dari Daerah PLTN Chernobyl Ukraina

BAACA.ID – Pasukan Rusia mulai menarik diri dari lokasi pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Chernobyl. Dilansir dari AFP pasukan Rusia yang mengusai lokasi itu sejak 24 Februari mulai di pindahkan ke Belarusia.

Ini disampaikan oleh seorang pejabat senior pertahanan Amerika Serikat (AS) pada Kamis (31/3/2022. “Chernobyl adalah (sebuah) daerah di mana mereka mulai memposisikan kembali beberapa pasukan mereka, pergi, berjalan menjauh dari fasilitas Chernobyl dan pindah ke Belarusia,” katanya.

Pejabat itu yakin mereka mulai pergi dari Chernobyl. Namun, dirinya tidak bisa memberitahu apabila pasukan Rusia telah pergi sepenuhnya.

“Kami pikir mereka akan pergi, saya tidak bisa memberi tahu Anda bahwa mereka semua sudah pergi,” imbuhnya

Pengurangan pasukan ini terjadi tak lama setelah Rusia mengklaim akan menurunkan intensitas serangan secara drastis di dua kota di Ukraina, yaitu Kyiv dan Chernihiv.

“Kami akan mengurangi secara drastis aktivitas militer [di Kyiv dan Chernihiv],” demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia, sebagaimana dikutip CNN dari RIA, Selasa (29/3).

Selama invasi ini, Rusia juga menguasai dua dari empat PLTN di Ukraina. Selain Chernobyl, PLTN terbesar di Eropa di Zaporizhzhia juga dikuasai pasukan Rusia pada 4 Maret lalu.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button