Peduli Perempuan dan Anak Berbuah Penghargaan APE 2020 buat Pemkab Bantaeng

Baaca.id, BANTAENG — Pemkab Bantaeng dinilai sukses memberikan perlindungan bagi perempuan dan anak. Sehingga penghargaaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 pun diraih.

Penghargaan APE tersebut sebagai bentuk apresiasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia kepada kepala daerah yang memiliki komitmen besar dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Penghargaan APE 2020 yang diterima Pemkab Bantaeng kali ini, yakni di kategori madya atau kategori perlindungan perempuan dan anak untuk tahap pengembangan.

Setidaknya, ada 5 OPD terlibat dalam upaya memaksimalkan pelaksanaan program perlindungan perempuan dan anak di Bantaeng.

Yakni, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan Perempuan dan Anak (PMD-PPA), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Mereka sudah melaksanakan program masing-masing di setiap OPD,” jelas Kepala Dinas PMD dan PPA Kabupaten Bantaeng, Ahmad Yani.

Dijelaskan pula, penghargaan dari Kementerian PPPA RI tersebut diterima Pemkab Bantaeng setelah evaluasi dari pengarusutamaan gender dilakukan.

Ahmad Yani menyebutkan dalam evaluasi ini ada tujuh komponen yang harus dipenuhi yaitu, komitmen, kebijakan, kelembagaan, SDM dan anggaran, analisis gender, data gender dan partisipasi dari masyarakat yang ada di Kabupaten Bantaeng.

“Alhamdulillah komponen ini semua di sudah terpenuhi dan sudah terlaksana. Terbukti karena Bantaeng adalah kabupaten inklusi dan semua anggaran responsif gender dan tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan,” ujarnya.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengatakan, penghargaan ini adalah bentuk komitmen pemerintah daerah untuk mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kabupaten Bantaeng.

“Kita berharap ini bisa ditingkatkan ke depannya,” kata Ilham Azikin.(*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button