Pemahaman Masyarakat Terkait Antikorupsi Ditingkatkan

Baaca.id, MAKASSAR – Peran masyarakat menangani korupsi sangat diharapkan. Berkenaan itu, pengetahuan maupun pemahaman terkait korupsi mesti ditingkatkan.

Untuk itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggiatkan bimbingan teknis (Bimtek) antikorupsi. Di Makassar, kegiatan tersebut digelar di Four Points by Sheraton, Makassar, Rabu (3/11/2021).

Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi, menunturkan, bimtek tersebut bertujuan memberikan pengetahuan, pemahaman, dan kapabilitas kepada masyarakat tentang dampak korupsi.

“Para peserta juga diajarkan bagaimana penanganan, kerawanan, investigasi, dan berani melaporkan ke KPK didukung dengan kekuatan data dan bukti,” tuturnya.

Untuk diketahui, Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat merupakan direktorat yang baru saja dihadirkan KPK.

Mengapresiasi kegiatan yang diikuti 40 peserta, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menuturkan, di bimtek itu masyarakat akan mendapatkan pengetahuan tentang upaya maupun tindakan yang perlu dilakukan masyarakat dalam penanganan korupsi.

“Tentu ini (bimtek anti korupsi) bagus sekali, karena sebagai wujud amanah undang-undang. Ada tugas dan fungsi dari KPK untuk pelibatan peran serta masyarakat. Ini dilatih bagaimana mengimplementasikan Lihat, Lawan, dan Laporkan,” katanya.

Ke depan, ia berharap ada kolaborasi dengan masyarakat untuk mengawal pemerintahan secara umum.

Partisipasi masyarakat dalam kegiatan ini juga akan memudahkan pemerintah dalam menjalankan sistem dan tatanan pemerintahan yang transparan, lebih bersih dan bebas korupsi. (*)

 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button