Pemerintah Bakal Bolehkan Mudik Asal Sudah Vaksin Booster

BAACA.ID, JAKARTA – Pemerintah merencanakan memperbolehkan masyarakat untuk mudik pada libur lebaran tahun ini. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin lewat siaran pers di kanal Youtube Wakil Presiden, Selasa, (22/32022).

“Kemudian juga booster itu menjadi syarat kalau mau mudik. Selain vaksinasi sudah lengkap 2 kali juga harus sudah divaksinasi booster. Dengan demikian tidak perlu lagi PCR atau antigen. Ini kalau tidak terjadi lagi lonjakan-lonjakan [kasus Covid-19] dan landai seperti ini,” katanya.

Ma’ruf mengatakan sitausi pandemi saat ini sudah cukup terkendali dibanding tahun sebelumnya. Sehingga tempat ibadah pun bisa beroperasi seperti biasa sesuai fatwa MUI.

“Cuma tetap menaati protokol kesehatan seperti menggunakan masker terutama kemudian mencuci tangan dan juga vaksinasi,” jelasnya.

Namun demikian mantan Ketua MUI ini berharap program vaksinasi tidak akan berhenti namun semakin digenjot untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Utamanya bagi kalangan lansia yang juga merupakan kelompok rentan.

“Vaksinasi lansia akan terus didorong, terutama juga yang masih baru satu kali vaksin. Menjelang Ramadan 70 persen tervaksin,” tuturnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menjelaskan pemerintah masih mengkaji mengenai mudik tahun ini diperbolehkan atau dilarang seperti tahun sebelumnya. Ia mengatakan pemerintah tetap memastikan penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan dengan memastikan cakupan vaksinasi lengkap dan booster semakin tinggi.

“Pemerintah sedang mengkaji mudik dengan memastikan bahwa penularan Covid bisa dikendalikan dengan memastikan cakupan vaksinasi lengkap dan booster yang makin tinggi dan protokol kesehatan dijalankan dengan disiplin oleh masyarakat,” katanya pada 17 Maret lalu.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button