Pemprov Sulsel Gelontorkan Dana Miliaran untuk Kabupaten Soppeng

BAACA.ID, SOPPENG— Dalam rangka hari lahir Kabupaten Soppeng yang ke 761 tahun, Pemerintah Provinsi Sulsel, menggelontorkan dana miliaran rupiah.

Andi Sudirman Sulaiman, selaku Gubernur Sulsel, mengatakan, dana miliaran tersebut, diperuntukkan ke sejumlah pembangunan infrastruktur Kabupaten Soppeng sejak tahun 2019 hingga 2022.

“Alhamdulillah, Rp 414,5 miliar yang telah kita alokasikan (2019-2022) untuk Kabupaten Soppeng. Termasuk didalamnya tahun 2022 ini kita alokasikan Rp 194,5 miliar untuk menangani sejumlah pembangunan infrastruktur,” sebutnya, padaperayaan 761 Tahun Kabupaten Soppeng, yang digelar di Lapangan Gasis, Watansoppeng, Kabupaten Soppeng, Minggu, (27/3/2022).

Adapun pembangunan infrastruktur yang dimaksud, diantaranya, lanjutan penanganan ruas jalan Pekkae – Takkalalla yang menghubungkan Kabupaten Soppeng dan Barru; ruas jalan Takkalasi – Bainange – Lawo yang menghubungkan Kabupaten Barru dan Soppeng; lanjutan pembangunan jembatan Sungai Walemping dalam mendukung ruas Takkalasi – Bainange – Lawo.

Selain itu, kelanjutan pembangunan jembatan Sungai Pacongkang juga dianggarkan Pemprov pada tahun 2022 dengan nilai sebesar Rp 66,5 miliar, yang akan menghubungkan Kabupaten Soppeng dan Bone.

Serta, jalan dengan LHR tinggi yang kembali dilanjutkan yaitu ruas Soppeng – Batas Sidrap dan ruas Cabbenge – Soppeng. Termasuk penanganan pada ruas jalan Takkalalla – Cabbenge – Salaonro yang tahun ini dialokasikan Rp 19,3 miliar.

“Dua irigasi Kabupaten Soppeng juga menjadi fokus untuk penanganan tahun 2022 ini, yaitu DI Leworeng dan DI Salobunne,” kat dia.

Sementara itu, Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak, meminta masyarakat berterima kasih atas bantuan pemerintah provinsi untuk pembangunan Kabupaten Soppeng. Ia mengakui, hal itu tidak terlepas dari dukungan dan perhatian dari Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

“Masyarakat Soppeng sepatutnya berterima kasih walaupun tanggung jawab Gubernur, tapi yang menggunakan (Jalan Provinsi) masyarakat Soppeng,” ucapnya.

Salah seorang Camat di Kecamatan Lilirilau, yakni, Muhammad Yusuf mengatakan, masyarakat sangat merasakan manfaat dari pengerjaan jalan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Alhamdulillah, sangat dirasakan manfaatnya. Kondisi sebelumnya memang rusak berat, banyak jalan yang berlubang,” katanya.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button