Mengenal Pengadilan Agama Makassar

Baaca.id — Pengadilan Agama Makassar yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan KM. 14, salah satu pengadilan tinggi agama yang ada di Indonesia.

Berbagai kasus hingga kriminalitas di tangani oleh Pengadilan Agama Makassar secara komprehensif dan profesional dengan hakim-hakim yang berpengalaman di bidangnya

Beberapa anggota majelis hakim tersebut antara lain Johoras Siringoringo yang berpengalaman sebagai hakim tingkat pertama di beberapa pengadilan negeri di Makassar, Pariaman, dan Pontianak.

Lalu hakim Rika Mona Pandegirot yang pernah menjadi hakim tingkat pertama Gorontalo, Manado, sampai dengan sebagai hakim tingkat pertama di Toli-Toli. Dan masih banyak lagi anggota majelis hakim yang memiliki jam terbang tinggi lainnya.

Kasus Perceraian di Pengadilan Agama Makassar

Pengadilan Agama Makassar pernah mengalami penyelesaian kasus perceraian dengan mencapai 3000 kasus lebih pada tahun 2019. Saat itu perkara mencapai jumlah 3.600, angka tersebut meningkat sekitar 25% dari tahun lalu yang hanya 2.804 kasus.

Kasus perceraian yang terjadi di Makassar begitu tinggi di tahun 2019, kemudian menariknya fenomena perceraian ketika itu didominasi oleh pasangan muda di bawah umur 40 tahun.

Penyebab Kasus Perceraian di Pengadilan Agama Makassar Tinggi

Fenomena kasus perceraian yang terjadi di Pengadilan Agama Makassar tinggi disinyalir berasal dari beberapa faktor, salah satunya yakni himpitan ekonomi.

Faktor lain yang menjadi dasar alasannya banyaknya perceraian di Pengadilan Agama Makassar, yaitu kekerasan rumah tangga dan perselisihan antara dua pasangan yang tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

Perselisihan pasangan sering dijadikan alasan memilih cerai. Ekonomi, kekerasan rumah tangga, terlibat kasus narkoba, bahkan ada keterlibatan orang ketiga menjadi penyebab perceraian.

Pasangan Muda Dominasi Kasus Perceraian di Pengadilan Agama Makassar

Kaskus penceraian yang terjadi di tahun 2019 dengan jumlah mencapai 3000 lebih tersebut didominasi oleh pasangan muda yang rata-rata usianya 30 tahun ke bawah.

Hal ini bisa terjadi akibat dari kurangnya pengetahuan dan kesadaran serta pengertian antar pasangan dalam menjalin hubungan rumah tangga.

Jika persoalan rumah tangga tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan dan mediasi. Jika mediasi tidak tercapai akan dilakukan agenda sidang perceraian. Baru setelah itu majelis hakim memutuskan perkara.

Baca Juga:

Dari sinilah kemudian pasangan tersebut dapat mengajukan permohonan gugatan cerai. Cara mengajukan gugatan perceraian dengan membawa  bukti surat nikah dan alasan gugatan cerai.

Sidang perceraian terus berlanjut bila keduanya tetap tidak bisa disatukan lagi. Jika majelis memutuskan perkara, maka surat nikah pasangan yang bercerai disimpan dan diberi dokumen akta cerai.

Langkah-langkah mengajukan permohonan gugatan cerai di Pengadilan Agama Makassar di antaranya:

  1. Mengajukan gugatan secara tertulis atau lisan kepada kepada Pengadilan Agama Makassar.
  2. Penggugat bisa meminta petunjuk kepada pengadilan agama/mahkamah syariah tentang tata cara membuat surat gugatan.
  3. Surat gugatan bisa diubah oleh penggugat, tetapi jika tergugat telah menjawab surat gugatan harus atas persetujuan tergugat. Kemudian gugatan tersebut diajukan ke pengadilan agama/mahkamah syariah.
  4. Gugatan itu memuat meliputi: Nama, umur, pekerjaan, agama, tempat tinggal penggugat, posita (fakta kejadian dan fakta hukum), lalu petitum (hal-hal yang dituntut berdasarkan posita).
  5. Gugatan soal penguasaan anak, nafkah anak, nafkah istri dan harta bersama dapat diajukan bersama-sama dengan gugatan atau sesudah putusan perceraian memperoleh hukum tetap.
  6. Penggugat dan tergugat dan kuasanya dapat menghadiri persidangan berdasarkan panggilan pengadilan agama/mahkamah syariah.

Pengambilan Akta Cerai

Akta cerai merupakan bukti otentik yang dikeluarkan oleh Pengadilan Agama Makassar. Akta cerai bisa terbit bila gugatan cerai dikabulkan majelis hakim, kemudian mendapatkan kekuatan hukum tetap.

Perkara memiliki kekuatan hukum jika 14 hari sejak putusan dibacakan pada para pihak yang telah hadir, dan salah satu pihak tidak pihak tidak mengajukan upaya hukum banding.

Syarat pengambilan akta cerai di Pengadilan Agama Makassar sebagai berikut:

  1. Menyerahkan nomor perkara
  2. Fotokopi KTP
  3. Membayar penerimaan negara bukan pajak:
  • Akta Cerai Rp.10.000
  • Legislasi salinan penetapan Rp 3.000
  • Biaya Salinan putusan Rp. 300 per lembar.

Jika menguasakan kepada orang lain untuk pengambilan Akta, maka perlu menyerahkan fotokopi KTP pemberi dan penerima kuasa. Menyerahkan surat kuasa yang asli bermaterai Rp 6.000 diketahui oleh kepala desa setempat.

Demikian informasi singkat tentang Pengadilan Agama Makassar yang bisa menambah ilmu pengetahuan berkaitan dengan hukum.

 

Related Articles

Back to top button