Pengembangan Bandara di Selayar Upaya Wujudkan Kawasan Ekonomi Khusus di Sulsel

Baaca.id, MAKASSAR – Pemprov Sulsel tengah mendorong perluasan Bandar Udara (Bandara) H Aroeppala. Sebagai upaya memacu peningkatan kepariwisataan di Sulsel.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel, Darmawan Bintang menjelaskan, salah satu tujuan dari perluasan bandara di Kepulauan Selayar itu juga untuk mewujudkan Selayar sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sulsel.

“Pengembangan Bandara Selayar itu memang salah satunya untuk tujuannya kepariwisataan. Di mana kita kembangkan, termasuk mendukung KEK. Untuk menunjang itu dan mempercepat pembangunan inftarstuktur,” jelasnya.

Dikatakan, pengembangan Bandara H Aroeppala itu diusulkan masuk Proyek Strategi Nasional(PSN) menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dengan. Sehingga dapat mengurangi beban daerah untuk pembangunan infrastruktur.

Pemprov Sulsel saat ini tengah membangun koordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengembangkan Bandra H Aroeppala di Kabupaten Kepulauan Selayar di 2022.

Pengembangan yang dimaksud yaitu, perluasan runway dari 1.950 meter saat ini menjadi 2.400 meter. Namun pelaksanaannya masih menunggu selesainya master plan dan review oleh Kemenhub.

Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah menyebutkan, jika proyek perluasannya disetujui dari pusat, maka akan menambah jumlah PSN di Sulsel. Sebelumnya, sudah ada Makassar New Port dan Kereta Api.

“Target perpanjangan ini adalah agar pesawat jenis Boeing bisa masuk,” sebutnya. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button