Jangan Sampai Salah, Ini 5 Perbedaan Visi dan Misi

Baaca.id — Visi dan misi adalah suatu kesatuan kata yang tidak dapat dipisahkan dan tidak asing lagi bagi kita yang mendengarnya.

Kita sering mendengarnya ketika di sekolah, di tempat kerja, di instansi pemerintah dan pada saat kita di interview kerja pun terkadang dipertanyakan apa Visi Misi dalam hidup kita.

Selain itu, kita juga pasti sering mendengar visi dan misi yang sering diucapkan oleh seseorang yang mencalonkan diri dalam pemilu.

Pada umumnya visi dan misi itu dijelaskan untuk tujuan tertentu dan menggambarkan rencana yang akan datang dan akan menjadi tujuan instansi maupun kepentingan seseorang ke depannya.

Meskipun kita semua sering mendengar kata visi dan misi, banyak dari kita yang masih sering tidak bisa membedakan antara visi dan misi.

Tidak hanya itu saja, kita pun tidak mengerti apa pengertian yang benar mengenai visi dan misi itu sendiri seperti apa. Maka dari itu artikel ini akan membahas Visi  dan Misi agar pemahaman kalian tidak keliru.

Sebaiknya Anda mengetahui tentang pengertian dan juga perbedaan antara visi dan Misi seperti dibawah ini.

Pengertian Visi

Menurut KBBI, Perbedaan visi dan misi merupakan sebuah penglihatan, pengamatan, dan kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tak nampak melalui kehalusan jiwa dan penglihatan, kemampuan untuk melihat pada inti persoalan, pandangan atau wawasan seseorang untuk ke masa depan.

Secara menyeluruh visi merupakan gabungan atau serangkaian kata yang menyampaikan impian dan cita-cita, tujuan atau nilai utama sebuah keinginan seseorang atau sekelompok orang atau instansi dengan pandangan yang jauh ke masa depan demi mencapai sebuah tujuan yang ingin dicapai.

Pada dasarnya visi itu dijadikan sebagai panutan utama dan gambaran utama akan situasi dan karakteristik mengenai arah kemana tujuan perjalanan selanjutnya.

Sehingga dengan adanya visi bisa menjadi patokan untuk selalu mampu eksis, antisipatif, kreatif dan inovatif.

Visi itu dapat berubah dan berkembang sesuai dengan misi yang akan dijalankannya dan sesuai dengan pengaruh dan perkembangan zaman yang tidak bisa diprediksi kedepannya.

Oleh karena itu ada beberapa syarat yang bisa dikatakan yang dapat memenuhi kriteria visi yaitu visi tidak dibuat berdasarkan kondisi pada saat ini, tetapi harus berorientasi ke depan dan harus bisa mengekspresikan diri dan kreativitas seseorang berdasarkan pada prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat.

Visi yang tepat antara lain harus mempunyai karakteristik seperti dibawah ini :

  • Dapat di bayangkan
  • Menarik
  • Realistis dan dapat dicapai
  • Harus Jelas
  • Aspiratif dan responsif terhadap perubahan lingkungan
  • Mudah dipahami dan tidak rumit

Sedangkan untuk hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan visi, adalah sebagai berikut :

  • Visi harus bisa memberikan panduan, cara atau arahan dan motivasi.
  • Visi harus bisa disebar luaskan di kalangan anggota organisasi (stakeholder)
  • Visi harus dipakai untuk menyebarluaskan keputusan dan tindakan organisasi yang dianggap penting.

Pengertian Misi

Misi adalah suatu pernyataan tentang apa yang harus kita kerjakan dalam usaha mewujudkan suatu visi yang telah dibuat dan direncanakan.

Misi merupakan cara atau langkah kecil yang dibagi untuk mempermudah serta bentuk usaha yang nyata untuk pencapaian tujuan.

Baca Juga:

Artinya misi merupakan sebuah prioritas utama, metode, cara-cara dan langkah atau nilai-nilai kerja yang menjadi landasan untuk memberi petunjuk garis besar dalam mewujudkan sebuah visi. Visi dan misi merupakan suatu kesatuan yang harus seiring sejalan dan sepaham.

Jadi dapat disimpulkan bahwa misi adalah pernyataan yang menetapkan tujuan dan sasaran, apa, mengapa dan bagaimana cara mencapai pencapaian visi utama.

Perbedaan Visi dan Misi

Berikut ini adalah perbedaan visi dan misi yang dilansir dari liputan6.com dibawah ini:

1. Visi merupakan sebuah masa depan, cita-cita, tujuan dan hal yang ingin dilakukan di masa depan.

Sedangkan Misi adalah langkah, bentuk atau cara serta bagaimana untuk mewujudkannya visi tersebut.

2. Visi merupakan sebuah gambaran besar atau gambaran secara keseluruhan apa yang diinginkan seseorang di masa depan.

Sedangkan Misi adalah penjabaran apa yang akan dilakukan untuk mencapai atau mewujudkan visi.

3. Visi terbagi dalam beberapa kalimat atau pernyataan biasanya satu deret kalimat atau poin yang singkat, padat dan jelas, dan mewakili semuanya.

Sedangkan misi terdiri dari beberapa kalimat penjabaran yang panjang atau berbagai macam poin yang lebih banyak dari visi atau tergantung dari visi yang dibuat.

4. Visi lebih bersifat jangka panjang.

Sedangkan Misi dapat dilakukan segera dan secepatnya.

5. Visi yaitu dibuat untuk masa depan yang akan datang dan bersifat secara umum.

Sedangkan Misi dibuat untuk saat ini dan bersifat lebih detail, jelas atau khusus.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa perbedaan visi dan misi adalah bayangan dan cara kita melihat suatu tujuan atau gambaran pada masa depan yang akan datang, sedangkan misi adalah cara dan langkah-langkah yang bisa kita lakukan saat ini dan kedepannya demi mewujudkan visi yang sudah kita rencanakan sebelumnya.

Terkadang misi perlu diubah jika visi belum tercapai. Jadi bukan visinya yang dirubah, akan tetapi cara atau strateginya untuk mencapai tujuannnya saja yang dirubah.

Apabila visi berubah-ubah maka akan terkesan instansi atau seseorang tersebut tidak konsisten terhadap gambaran atau tujuan masa depan tentang perusahaan, lembaga maupun organisasi tersebut.

Jadi pada intinya, Visi itu tercapai tergantung dari cara melakukan misinya atau cara kerja langkah-langkah dari misi tersebut harus baik dan benar dan sesuai tujuan yang ingin dicapai visi tersebut.

Demikian ulasan kami tentang perbedaan visi dan misi, semoga bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button