Perkuat Ekonomi, MUI Komitmen Tumbuhkan Jasa Keuangan Syariah

Baaca.id, MAKASSAR — Penguatan ekonomi juga diatensi Majelis Ulama Indonesia (MUI). Salah satu langkahnya, dengan turut menumbuhkan jasa keuangan syariah.

Bersamaan momen pengukuhan pengurus MUI Sulsel Masa Khidmat (periode) 2021-2026 di Four Points by Sheraton Makassar, Minggu (31/10/2021), Sekretaris Jenderal Ulama Indonesia, KH Amirsyah Tambunan menyampaikan permintaan kepada pengurus MUI Sulsel untuk turut menggerakan ekosistem syariah berbasis masjid.

Sehingga masjid dapat menjadi pusat peradaban. Ekosistem ekonomi syariah dihadirkan sebagai solusi mengatasi problem yang ada.

“Kita harus memperhatikan kondisi masyarakat kita, baik dalam kondisi keyakinanya kita perkuat, ibadahnya yang belum kuat kita perkuat, ekonominya belum kuat kita perkuat,” ujar Amirsyah.

Terkait urusan kemitraan, Amirsya berharap MUI juga mendukung kebijakan, terutama yang berpihak pada kepentingan umat.

“Pak Gubernur, kalau kebijakan pemerintah benar kita dukung, kalau tidak benar kita beri nasihat,” ujarnya.

Turut hadir di pengukuhan tersebut, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman Andi Sudirman meminta MUI Sulsel juga ikut berperan aktif dalam penyatuan umat dan menjadi organisasi yang selalu berkolaborasi dengan pemerintah.

“Caranya dengan membentuk organisasi yang kuat, keanggotaan bebas paham radikalisme dan memiliki trust (kepercayaa di masyarakat, bisa menjadi solusi dan penengah jika ada persoalan. Termasuk pandemi dan sosial masyarakat,” kata Andi Sudirman.

Andi Sudirman juga meminta MUI untuk aktif memberikan saran serta mengirim surat fatwa yang ada. Sehingga dapat menjadi pertimbangan pemerintah pada sebuah kebijakan.

“Majelis Ulama Indonesia harus terdepan membimbing, memberikan nasihat, bahkan mengirimkan fatwa-fatwa. Kenapa, ini bisa kita katakan, bahwa masyarakat Sulsel yang mayoritas masyarakat Islam harus kita akomodir, termasuk fatwa halal-haramnya pinjaman online,” ujarnya. (*)

 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button