Perluas Digitalisasi UMKM di Sektor Ecotourism, Grab dan Pemprov Sulsel Jalin Kerjasama

Baaca.id, MAKASSAR Salah satu perusahaan terkemuka yang bermarkas di Singapura yang bergerak dalam pelayanan Transportasi, yakni Grab, telah melakukan tanda tangan kesepahaman bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hal ini diketahui, guna sebagai bukti nyata keduanya guna meningkatkan dan memperluas digitalisasi Ecotorism. Ini dilakukan, terkait akselerasi pertumbuhan ekonomi 4.0 di Sulawesi Selatan.

“Digitalisasi ekoturisme akan memungkinkan pemerintah dan pelaku turis, khususnya UMKM, untukmempromosikan berbagai destinasi dan potensi wisata di Sulawesi Selatan melalui online platform Grab, dengan tujuan memberdayakan ekonomi masyarakat lokal, mengoptimalkan potensi desa, serta memupuk kreativitas melalui penggunaan teknologi inovatif,” ujar Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, di anjungan Pantai Losari Makassar, pada (24/2/2022).

Dia menambahkan bahwa PemerintahProvinsi Sulawesi Selatan juga sangat mengapresiasi kehadiran Grab sebagai mitra perusahaan teknologi di Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI), dimana Sulawesi Selatan menjadi tuan rumah untuk rangkaian kegiatan utama pada tahun ini.

“Dengan demikian, sector turisme Sulawesi Selatan akan semakin berkembang sehingga dapat berkontribusi lebih pada percepatan pemulihan ekonomi daerah,” sambungnya.

Sementara itu, President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, mengatakan, jika pihaknya percaya pemanfaatan teknologi dapat membawa dampak positif yang signifikan bagi UMKM Indonesia.

Oleh karena itu, dia bilang, Grab akan membuka seluas-luasnya akses keekosistem teknologi terintegras sehingga pelaku UMKM dapat meraih peluang penghasilan yang dihadirkan platform online, termasuk perluasan jangkauan pasar.

“Dengan ini, masyarakat Sulawesi Selatan juga akanmerasakanmanfaatdigitalisasi, antara lain kemudahandalammendapatkanragamproduk UMKM dan peningkatanlayananwisata. Denganmenyatukanpelaku UMKM dan konsumen, Grab optimisbahwaaktivitasekonomi di sektorekoturismeakanmeningkatsehinggamempercepatpemulihanekonomi Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, dalam perluasan kerjasama dengan PemerintahProvinsi Sulawesi Selatan, Grab menghadirkan Grab for Business, platform khususbagibisnis yang mengintegrasikan layanan pengantaran GrabExpress, layanan pesan antar makanan GrabFood, dan pengiriman barangGrabMart.  Selain itu, Grab membuka akses pasar para mitra merchant UMKM Grab dengan menghubungkan mereka ke Portal Bela Pengadaan milik Pemerintah Indonesia.

Grab juga diketahui, bakal memberikan pelatihan dan pendampingan ke mitra pengemudi Grab, termasuk mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar agar mereka dapat memberikan layanan transportasi terbaik bagi konsumen di Sulawesi Selatan yang hendak bepergian ke destinasi wisata.

 

 

 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button