Pertama Kalinya dalam Beberapa Dekade: Ikan Langka ‘Handfish Merah Muda’ Terlihat di Australia

Editor: Nanna

Baaca.id – Pertama kalinya dalam 22 tahun seekor ikan handfish langka asli Australia terlihat “berjalan” di laut lepas Tasmania. Terakhir pada tahun 1999, handfish merah muda terlihat oleh seorang penyelam di laut lepas Tasmania dan hanya terlihat empat kali lainnya.

Khawatir akan kelangsungan hidupnya, pemegang kebijakan mengklasifikasikannya dalam kategori hewan langka yang terancam punah. Peneliti Australia mengatakan mereka telah menemukannya lagi, pada rekaman kamera laut dalam yang diambil awal tahun ini di sebuah taman laut.

Penemuan baru menunjukkan ikan di perairan yang lebih dalam ditemukan lebih terbuka dari habitat yang pernah ditinggali sebelumnya. Para ilmuwan memprediksiksi ikan tersebut adalah spesies air dangkal yang hidup di teluk terlindung. Sekarang telah ditemukan di kedalaman 150m (390 kaki) di laut lepas selatan Tasmania.

“Ini adalah penemuan menarik dan menawarkan harapan untuk kelangsungan hidup ikan handfish merah muda karena jelas mereka memiliki habitat dan distribusi yang lebih luas dari perkiraan sebelumnya,” kata pemimpin peneliti dan ahli biologi kelautan Neville Barrett, seorang profesor di University of Tasmania.

Sesuai namanya, spesies ini memiliki “tangan” yang terlalu besar. Mereka “berjalan” di sepanjang dasar laut selain berenang.

Pada bulan Februari, timnya telah menjatuhkan kamera berumpan di dasar laut Taman Laut Fraktur Tasman untuk mengamati spesies karang, lobster, dan ikan di sana. Taman yang dilindungi – seukuran Swiss – dikenal memiliki celah panjang di kerak bumi yang memungkinkan  ditemukan kehidupan laut pada kedalaman lebih dari 4.000 m.

Seorang asisten peneliti yang menelusuri rekaman pada bulan Oktober melihat makhluk aneh di antara kerumunan hewan yang lebih besar tertarik pada umpan. “Saya sedang menonton salah satu video kasar kami dan ada ikan kecil yang muncul di tepian karang ini yang tampak agak aneh,” kata Ashlee Bastiaansen dari Institut Studi Antartika dan Kelautan universitas tersebut.

“Saya melihat lebih dekat dan Anda bisa melihat tangan kecilnya,” katanya kepada BBC.

Penglihatan menunjukkan ikan 15 cm muncul dari langkan setelah diganggu oleh lobster batu. Awalnya penasaran dengan keributan itu, ia mengamati pemandangan itu selama beberapa detik sebelum berenang menjauh.

“Pada saat itu memberi kami gambaran langsung yang sangat bagus  untuk benar-benar mengidentifikasi spesies dan mengukur ukurannya,” kata Associate Prof. Barrett kepada BBC.

“Kami sangat senang dapat menggunakan berbagai teknik sekarang. Dan, benar-benar melihat betapa pentingnya habitat yang lebih dalam ini untuk spesies langka seperti itu.”

Pink handfish adalah salah satu dari 14 jenis handfish yang terlihat di sekitar Tasmania, pulau di selatan daratan Australia.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button