Pesan Menaker RI untuk G20: Kesetaraan Gender Bakal Dorong Pertumbuhan Ekonomi

BAACA.ID— Kementrian Ketenagakerjaan RI pada acara sampingan pertemuan G20, mendorong negara-negara yang masuk dalam daftar G20, agar meningkatkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam kesenjangan dunia kerja.

Ida Fauziyah selaku Menteri Ketegakerjaan mengatakan, pada aacara samoingan G20 itu, merupakan momen yang oenting untuk berdiskusi terkait hal tersebut.

“Indonesia percaya dengan memajukan kesetaraan gender akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, khususnya untuk perkembangan perekonomian G20,” kata Ida dalam keterangan resmi yang dikutip Antara, Kamis (31/3/2022).

Hal itu, menjadi perhatiannya, khususnya pada masa pandemi dan disrupsi digital. Kata dia, itu yang membuat perempuan berisiko lebih tinggi terhadap upah rendah dari pekerjaan di sektor informal dengan bentuk pekerjaan non-standar yang berisiko dan tidak aman.

Sementara, Lenny N Rosalin selaku Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, juga menyampaikan hal yang senada.

Dia berharap, diskusi tersebut menemukan solusi praktis untuk membangun kondisi kerja yang mendukung perempuan.

“Hal ini penting agar isu ini bisa masuk pada dokumen keluaran G20Summit, dapat diadopsi oleh seluruh negara peserta dan yang paling penting dapat diaplikasikan di perusahaan dan industri,” ujarnya.

Apalagi, selama masa pendemi ini, kekerasan dalam dunia kerja sangat masif terjadi, tak terkecuali kerja secara daring. Ia bilang, pelaku kekerasan bisa berasal dari pengguna jasa ataupun konsumen yang tidak nyaman, karena terganggu akibat pandemi.

“Kekerasan juga marak dilakukan oleh atasan dan rekan kerja,” ujar Lenny.

 

 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button