Plt Gubernur Sulsel Harap Perkuat Komitmen Pencegahan Terorisme di Peluncuran RAN PE

Baaca.id, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengikuti Peluncuran Pelaksanaan RAN PE atau Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme Tahun 2020-2024, Rabu (16/06/2021).

Peluncuran yang digelar oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin ini menyusul diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) No 7 Tahun 2021 tentang RAN PE.

Tak hanya Andi Sudirman, peluncuran ini juga diikuti oleh Kesbangpol Sulsel, Asriady Sulaiman; Kepala BPBD Sulsel, Nimal Lahamang; dan Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Radjamilo. Mereka mengikuti kegiatan ini dari Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel.

Plt Gubernur Sulsel berharap, dengan adanya peluncuran ini dapat memperkuat komitmen semua pihak dalam upaya pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah ke terorisme.

“Perbuatan ekstremisme dan terorisme, tidak mencerminkan agama manapun. Olehnya itu, mari kita terus mencegah ancaman intoleransi, radikalisme dan ekstremisme dengan melakukan pendekatan agama,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut Wapres Ma’ruf Amin, diterbitkannya RAN PE ini karena Indonesia masih menghadapi ancaman intoleransi, radikalisme dan ekstremisme yang berakibat munculnya berbagai kejadian berbasis kekerasan.

“Isu terorisme meningkatkan ketidakpastian, dan berkelindan dengan kompleksitas masalah-masalah internasional, regional, dan domestik,” tuturnya.

Dalam pandangan Islam, kata Wapres, ekstremisme dan terorisme atas nama agama merupakan perbuatan yang berlebihan dalam beragama.

“Terorisme bukanlah jihad yang sifatnya melakukan perbaikan. (Ini) karena karakter dasar terorisme adalah merusak,” tutupnya.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button