PMII Harus Mampu Tampilkan Wajah Islam yang Teduh, Damai dan Toleran

Baaca.id, NUNUKAN – Kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) diminta mampu menampilkan wajah Islam yang teduh, damai dan toleran atau menghargai setiap perbedaan dengan cara-cara yang bermartabat.

Hal itu disampaikan Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Nunukan, H. Tuwo pada acara pembukaan Diklat Pelatihan Kader (DPK) PMII ke-1 se-Kalimantan Utara, di Kantor Bupati Nunukan, Minggu (21/2/2021).

“Islam adalah agama yang rahmatan lil ‘alamin, agama yang membawa rahmat bagi seluruh alam, kebesaran nilai-nilai Islam. Jangan sampai dikerdilkan oleh sikap para penganutnya yang tidak sejalan dan senapas dengan nilai-nilai keislaman,” kata Tuwo.

Menurut Tuwoisi keislaman dan kebangsaan yang inklusif, toleran serta moderat yang dimiliki PMII, harus terus dipertahankan di tengah situasi maraknya gejala merebaknya sikap intoleransi, radikalisme, dan sikap egois dan fanatisme kelompok yang berlebihan akhir-akhir ini.

“Kader-kader PMII juga harus terus menunjukkan kepekaan dan sikap kritisnya dalam menyikapi setiap dinamika yang terjadi di tengah masyarakat, termasuk sikap kritis kepada pemerintah,” katanya.

Tuwo menambahkan, pemerintah daerah sangat terbuka terhadap saran dan masukan dari seluruh komponen masyarakat, termasuk dari kader-kader PMII demi perbaikan tata kelola pemerintahan. “Saya yakin, sebagai kalangan yang terdidik dan terpelajar, kader-kader PMII mampu menyampaikannya dengan cara-cara yang baik dan elegan,” ujarnya.

Sementara itu, DPK tersebut diikuti 22 peserta dan akan berlangsung selama seminggu, terhitung 21 sampai 28 Februari 2021. Selain Tuwo, pembukaan DPK dihadiriKetua Komsat Ibnu Kn Muh. Rafli Rizaldi, Ketua Komsat PNN Ismul Azam Ghazali, IKA PMII Maslan, Ketua Cabang PMII Nunukan, Zulfikar, PC PMII Nunukan Armansyah.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button